10 Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

SehatFresh.com – Bawang bombay merupakan bumbu yang sering ditemukan di dapur anda karena sering digunakan untuk menambah cita rasa dalam masakan anda. Bawang bombay berasal dari India yang memiliki ukuran yang lebih besar dari bawang lainnya seperti bawang merah. Sedangkan warna dagingnya putih, berbeda dengan bawang merah yang memiliki warna daging merah atau agak keungu-unguan.

Umumnya bawang bombay diketahui hanya untuk campuran atau bumbu makanan saja. Belum banyak yang mengetahui bahwa bawang bombay memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat bawang bombay bagi kesehatan antara lain:

  1. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas dikenal memiliki efek negatif bagi kesehatan khususnya pada kulit sehingga harus dicegah agar tidak mengenai tubuh kita. Dengan mengonsumsi bawang bombay maka dapat menangkal radikal bebas karena bawang bombay memiliki manfaat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

  1. Dapat menekan efek sinorgenik

Jika radikal bebas berhasil masuk ke tubuh anda maka akan menimbulkan efek sinorgenik. Namun karena antioksidan pada bawang bombay maka efek sinorgenik tersebut dapat ditekan dalam tubuh anda.

  1. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Sistem imunitas yang rendah dapat membuat tubuh mudah terserang penyakit. Oleh karena itu menjaga imunitas tubuh tetap stabil penting. Ada kandungan vitamin C di bawang bombay yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh anda.

  1. Mencegah sembelit

Masalah pencernaan seperti sembelit sering menganggu kenyamanan anda. Sembelit dapat dicegah dengan bawang bombay dengan kandungan seratnya yang tinggi.

  1. Mengobati maag

Selain mencegah sembelit. Kandungan natrium yang terdapat pada bawang bombay juga bermanfaat untuk mengobati maag. Natrium tersebut dapat menormalkan kadar asam lambung di lambung sehingga maag yang anda alami dapat sembuh.

  1. Memperkuat tulang dan gigi

Bawang bombay mengandung kalsium. Kalsium tersebut memiliki manfaat kesehatan yaitu memperkuat gigi dan tulang. Serta dapat menghindarkan anda dari osteoporosis.

  1. Mengobati anemia

Anemia atau darah rendah terjadi karena kekurangan zat besi. Bawang bombay memiliki kandungan zat besi yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh anda terhadap zat besi sehingga anda dapat menghindari dan sembuh dari anemia.

  1. Menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh

Ketidakseimbangan cairan dalam tubuh seperti dehidrasi tentunya tidak baik bagi kesehatan anda. Bawang bombay dapat menjaga kebutuhan cairan tubuh anda karena kandungan air didalamnya.

  1. Menghindarkan dari pemyakit kardiovaskuler

Bawang bombay mampu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Kolesterol jahat yang menurun pada tubuh dapat membantu anda terhindar dari penyakit kardiovaskuler. (DKA)

Original Article