3 Jenis Kanker yang Tidak Menunjukkan Gejala Awal

SehatFresh.com – Selain jantung koroner, kanker juga termasuk dalam list penyakit yang dapat mematikan penderitannya. Jika penyakit lain hanya menyerang organ tertentu saja, maka berbeda dengan kanker. Kanker dapat menyerang berbagai organ dalam tubuh sehingga jenisnya pun banyak sekali.

Kanker dikategorikan penyakit yang cukup sulitu untuk ditangani sehingga metode pengobatannya juga variatif mulai dari kemoterapi hingga pembedahan. Pada dasarnya bisa atau tidaknya penyakit kanker ditangani adalah tergantung pada tingkat keparahan kanker yang di derita seseorang. Jika masih tingkat atau stadium awal maka masih ada harapan untuk hidup dan sebaliknya jika sudah stadium akhir atau parah maka akan cukup sulit untuk diobati.

Kebanyakan orang yang mengalami kanker sulit ditangani karena ia tidak menyadari gejala awal dari kanker yang di derita dan baru datang ke rumah sakit saat sudah parah. Meski banyak penyakit kanker yang sudah dapat dikenali dari awal gejalannya, orang-orang lebih banyak menahannya dan tidak mengobati sejak awal.

Jika gejala kanker dapat dikenali dari tahap awal maka baik karena akan mempercepat proses pemgobatan. Namun bahayanya apabila anda mengalami kanker yang tidak menunjukan gejala dari tahap awal. Memang ada beberapa jenis kanker yang tidak menunjukan gejala awalnya dan jenis kanker tersebut harus anda waspadai. Ada 3 jenis kanker yang perlu anda waspadai karena tidak menunjukan gejala awal, yaitu:

  1. Kanker prostat

Sesuai dengan namanya maka kanker ini menyerang kaum pria. Kanker prostat umunya di derita oleh pria dewasa yang berusia di atas 50 tahun. Kanker prostat biasanya tidak menunjukan gejala awal dan baru bisa anda rasakan setelah terjadi komplikasi. Pengobatan kanker prostat meliputi radioterapi, kemoterapi, terapi hormon, pembedahan dan lain-lain.

  1. Kanker testis

Jenis kanker lain yang tidak menunjukan gejala awal yaitu kanker testis. Kanker testis terjadi akibat adanya pertumbuhan sel secara abnormal pada bagian testis. Kanker testis sering diderita oleh pria usia anatara 15 sampai 49 tahun. Tindakan pengobatan kanker testis meliputi orkidektomi, terapi penganti testosteron, kemoterapi dan pemeriksaan lainnya.

  1. Kanker usus besar

Penyakit kanker tanpa gejala awal yang berbahaya yaitu kanker usus besar. Bahaya karena seringkali orang yang terkena penyakit ini akan mengira bahwa ia hanya sakit perut biasa sehingga mengabaikannya hingga parah. Kanker usus besar bisa menyerang siapapun namun sering dialami oleh orang berusia di atas 60 tahun. (DKA)

Original Article