3 Kesalahan Utama Saat Menggunakan Pil KB yang Wajib Dihindari

Alat kontrasepsi banyak jenisnya dari mulai kondom, pil, spiral, hingga suntik. Pil KB menjadi salah satu alat kontrasepsi yang banyak digunakan. Dikutip dari WebMD, pil KB 99 persen efektif mencegah kehamilan jika digunakan dengan benar. Sayangnya, banyak kekeliruan yang tidak disadari dan sering dilakukan saat menggunakan pil KB.

Kesalahan saat menggunakan pil KB

Berikut ini ada berbagai kesalahan umum yang biasa dilakukan saat menggunakan pil KB, yaitu:

1. Lupa atau tidak teratur minum pil KB

risiko minum pil kb

Pil KB termasuk alat kontrasepsi yang cukup membutuhkan perhatian lebih. Pasalnya, Anda tidak bisa sembarangan minum semaunya. Pil KB perlu diminum setiap hari secara teratur di jam yang sama.

Jika Anda meminumnya di jam yang berbeda atau bahkan lupa untuk minum biasanya cara kerjanya menjadi kurang efektif. Bahkan menurut Sally Rafie, seorang apoteker spesialis keamanan obat di University of California menyatakan bahwa lupa atau tidak teratur minum pil KB bisa mengakibatkan hormon menjadi tidak seimbang.

Lupa minum dua pil atau lebih membuat pil KB tidak lagi bisa diandalkan untuk mencegah kehamilan. Jika sudah begitu, Anda perlu menggunakan alat kontrasepsi darurat. Namun, jika Anda hanya lupa meminum satu pil, segera ambil satu dosis tambahan untuk menggantikan kerja pil yang hilang.

2. Tidak menyiapkan kontrasepsi darurat

pil KB Andalan

Tidak ada satupun alat kontrasepsi yang 100 persen efektif mencegah kehamilan, termasuk pil KB. Apalagi jika cara penggunaannya ternyata keliru. Sayangnya, banyak wanita kurang paham bahwa menyediakan kontrasepsi darurat menjadi hal yang sangat penting.

Padahal jika Anda lupa minum pil KB, Anda tetap bisa mempertahankan efektivitasnya dengan menyiapkan KB darurat yang disebut dengan morning-after pill. Pil KB darurat biasanya dapat dibeli dengan maupun tanpa resep.

3. Kebiasaan merokok tidak dihilangkan

sulit berhenti merokok

Tahukah Anda, merokok saat Anda sedang menggunakan pil KB dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan serius. Peningkatan risiko pembekuan darah, penyakit jantung, dan juga stroke menjadi efek samping yang bisa Anda alami jika tidak menghentikan kebiasaan buruk yang satu ini.

Biasanya risiko juga meningkat jika Anda berusia lebih dari 35 tahun atau merokok lebih dari 15 batang rokok dalam sehari. Jika Anda memilih pil sebagai alat kontrasepsi yang dipercaya maka hentikan kebiasaan merokok Anda.

The post 3 Kesalahan Utama Saat Menggunakan Pil KB yang Wajib Dihindari appeared first on Hello Sehat.

Original Article