3 Masalah yang Membuat Anda Mungkin Perlu Segera Kunjungi Chiropractor

Jika Anda memiliki masalah pada leher, tulang belakang, dan punggung, terapi chiropractic mungkin bisa jadi jawabannya. Terapi ini dilakukan untuk menyembuhkan nyeri otot atau sendi hingga memulihkan mobilitas anggota gerak tubuh setelah cedera. Keunggulannya, chiropractic tidak melewati proses pembedahan atau penggunaan obat, dan bisa dilakukan oleh semua golongan usia; mulai dari anak-anak hingga lansia.

Berbagai alasan Anda perlu melakukan terapi chiropractic

Chiropractic mungkin menjadi pilihan perawatan bagi Anda yang memiliki atau mengalami kondisi seperti berikut ini:

1. Sering merasakan nyeri tubuh dan migrain

Nyeri tubuh bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti memiliki postur tubuh yang buruk atau memiliki masalah medis tertentu. Kondisi ini memang bisa diatasi dengan obat pereda nyeri. Namun, penggunaannya juga terbatas karena dapat menyebabkan efek samping berbahaya jika digunakan dalam jangka panjang.

Jika Anda merasa terganggu dengan rasa nyeri yang muncul, melakukan terapi chiropractic bisa jadi salah satu cara untuk mengatasinya. Chiropractic juga bisa dijadikan perawatan bagi orang yang sering merasakan migrain atau sakit kepala tegang. Kondisi ini biasanya berkaitan dengan posisi yang salah pada leher dan punggung atas.

2. Ruas tulang belakang tidak selaras

Saat beraktivitas, tulang belakang harus bergerak, mengangkat, atau memutar sehingga dapat menyebabkan posisi tulang jadi bergeser (tidak selaras). Kondisi ini menyebabkan stres pada sistem saraf dan menimbulkan rasa nyeri.

Terapi chiropractic dapat membantu memperbaiki kembali masalah ruas tulang belakang yang tidak selaras, baik akibat dari masalah bawaan maupun cedera pada jaringan sendi atau otot.

3. Jarang bergerak atau cenderung melakukan aktivitas berulang

Terus duduk dalam waktu yang lama bisa membuat punggung dan pinggang Anda terasa pegal. Ini terjadi karena otot sekitar panggul dan punggung bawah menerima banyak tekanan dan mengencang. Melakukan terapi chiropractic bisa membantu otot yang menegang menjadi lebih rileks.

Sebaliknya, jika Anda seorang atlet yang cenderung melakukan aktivitas yang sama berulang kali, otot juga bisa tertekan dan stres. Beberapa gerakan chiropractic bisa mengurangi risiko cedera di kemudian hari. Teknik perawatan ini juga bisa meningkatkan jangkauan gerak seseorang.

Anda boleh saja melakukan terapi chiropractic, asal…

chiropractic

Walaupun chiropractic cukup populer, sebaiknya tidak melakukan perawatan ini sebagai pilihan utama untuk meringankan rasa nyeri. Pasalnya, perawatan ini dapat memperburuk hernia, menyebabkan manipulasi leher, dan mengakibatkan cedera tulang belakang, meski jarang terjadi.

Jika Anda sering mengeluh nyeri tubuh disertai sakit kepala atau gejala lainnya, alangkah lebih baik jika Anda melakukan pemeriksaan lebih dahulu ke dokter. Setelah mendapatkan diagnosis, Anda boleh mengajukan terapi chiropractic sebagai perawatan.

Dokter atau ahli tulang akan merekomendasikan Anda untuk melakukan pemeriksaan fisik atau tes laboratorium untuk mengetahui apakah metode chiropractic aman dilakukan atau tidak. Anda perlu mempertimbangkan kembali apa saja manfaat yang Anda dapatkan dari perawatan chiropractic.

Jika dokter atau ahli tulang membolehkan Anda mengikuti perawatan ini, pastikan klinik chiropractic dan chiropractor memiliki izin praktek legal dan bersertifikat. Anda juga bisa meminta rekomendasi klinik terbaik dari dokter.

Jangan lupa memberi tahu chiropractor mengenai hasil pemeriksaan kesehatan, obat-obatan yang digunakan, serta pengobatan lainnya yang sedang Anda lakukan.

The post 3 Masalah yang Membuat Anda Mungkin Perlu Segera Kunjungi Chiropractor appeared first on Hello Sehat.

Original Article