4 Langkah Penting Supaya Anda Terhindar dari Overdosis Obat

Tidak sedikit orang yang sengaja minum obat banyak-banyak sekaligus dan sesering mungkin supaya bisa cepat sembuh. Padahal alih-alih bikin Anda kembali sehat walafiat, kebiasaan minum obat seperti ini justru dapat meningkatkan risiko overdosis obat, lho! Lantas, bagaimana caranya mencegah overdosis obat? Berikut panduannya.

Langkah-langkah mencegah overdosis obat

Semakin banyak dan semakin sering minum obat belum tentu mempercepat proses penyembuhannya. Yang ada, cara minum obat yang salah dan kelalaian mengikuti panduan aturan dosisnya justru membuat Anda berisiko mengalami overdosis obat.

Untuk menghindarinya, ikuti panduan mencegah overdosis obat berikut ini.

1. Patuhi aturan minum obat

Cyclopenthiazide adalah

Penyebab overdosis obat yang paling sering adalah ketidaktahuan pasien mengenai aturan minum dan dosis obat, terlebih bagi para lansia. Entah itu minum obat melebihi dosis atau waktunya yang tidak sesuai petunjuk.

Jika petunjuknya tertulis “2 x 1 tablet”, maka ini artinya Anda hanya boleh minum obat 2 kali sehari. masing-masing 1 tablet. Jangan sekali-kali Anda melebihi aturannya dengan minum 3 kali sehari atau minum 2 tablet obat sekaligus.

Untuk memudahkan Anda, masukkan obat di dalam wadah kecil dan berikan label pada tiap obat. Tuliskan dosis dan aturan minumnya masing-masing supaya Anda tidak lagi salah saat minum obat.

2. Hindari minum beberapa obat sekaligus

Daunorubicin adalah

Hindari mengombinasikan banyak obat dalam satu kali minum tanpa resep dokter. Misalnya saja, Anda minum dua obat flu yang berbeda, padahal kandungannya sama. Bukannya bikin cepat sembuh, Anda justru berisiko overdosis obat.

Anda juga tidak dianjurkan untuk menenggak alkohol setelah minum obat. Hal ini dapat memicu reaksi toksik dalam tubuh dan mengakibatkan overdosis.

3. Letakkan obat di kotak obat

kotak p3k

Selain orang dewasa, anak-anak juga tak luput dari risiko overdosis obat. Hal ini dapat terjadi jika Anda tidak menaruh obat di tempat yang semestinya sehingga mudah dijangkau oleh anak-anak.

Jika obat ini tak sengaja terminum, anak-anak secara tidak sengaja dapat mengalami overdosis obat-obatan. Untuk mengatasinya, letakkan semua obat dan vitamin di kotak obat dan susunlah dengan rapi. Pastikan obat-obatan ini jauh dari jangkauan anak-anak.

4. Konsultasi ke dokter jika mengalami efek samping

obat clorazepate adalah

Wajar jika Anda mengalami beberapa efek samping obat setelah meminumnya. Contohnya mengantuk setelah minum obat flu, mual setelah minum obat kolesterol, dan sebagainya.

Akan tetapi, perhatikan lagi gejalanya, ya. Jika efek sampingnya cenderung berlebihan, maka segera konsultasikan ke dokter. Begitu pula jika Anda memiliki riwayat overdosis obat sebelumnya, segera beri tahu dokter Anda mengenai hal ini.

The post 4 Langkah Penting Supaya Anda Terhindar dari Overdosis Obat appeared first on Hello Sehat.

Original Article