4 Pilihan Obat yang Ampuh Menyingkirkan Ketombe Membandel

Rambut berketombe memang membuat Anda tidak nyaman dan tidak pede. Namun, menghadapi kondisi ini butuh ketelatenan, kesabaran, dan kecermatan yang lebih canggih dalam memilih produk perawatan antiketombe. Simak deretan obat ketombe yang bisa Anda pilih untuk membasmi ketombe dari rambut Anda.

Pilihan obat ketombe yang mudah Anda dapatkan

Munculnya ketombe sebenarnya disebabkan oleh pertumbuhan jamur di rambut yang tidak terkendali, sehingga sel kulit kepala cepat mati dan berganti dengan yang baru.

Jika rambut Anda berketombe, salah satu cara untuk mengatasinya Anda memerhatikan kembali produk perawatan rambut yang Anda gunakan. Obat ketombe bisa tersedia dalam bentuk sampo untuk keramas, krim atau gel yang dioleskan pada kulit kepala.

Nah, beberapa obat yang biasanya digunakan untuk mengatasi rambut berketombe, antara lain:

1. Ketoconazole

Sumber: Bits of Bee

Ketoconazole adalah obat yang sering digunakan untuk dermatitis seboroik atau penyakit kulit lainnya yang menyebabkan kulit mengelupas, berkerak, dan kemerahan. Namun, bisa juga dijadikan perawatan untuk rambut berketombe. Cara kerja ketonazole adalah menghambat pertumbuhan jamur dan mengurangi peradangan pada kulit kepala.

Selain mengatasi ketombe, obat ini juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok. Untuk mengobati ketombe, Anda bisa menggunakan sampo yang mengandung 1% ketoconazole di apotek. Sementara sampo dengan ketoconazole lebih dari 1% bisa Anda dapatkan sesuai dengan resep dokter.

Cara menggunakan sampo ketonazole sama seperti keramas dengan sampo lain. Hanya saja, Anda harus menunggu sekitar 5 menit sebelum membilas rambut dengan air bersih. Walaupun ampuh mengatasi ketombe, ketoconazole bisa menyebabkan efek samping, seperti iritasi kulit, kulit kepala dan rambut kering, serta perubahan warna rambut.

2. Selenium Sulfide

Sumber: Thirty Fun

Selenium sulfide sering digunakan sebagai obat untuk ketombe dan dermatitis seboroik pada kulit kepala. Obat ini bekerja dengan mengurangi pertumbuhan jamur dan mengurangi rasa gatal, pengelupasan, dan kemerahan pada kulit kepala.

Biasanya selenium sulfide tersedia dalam bentuk sampo untuk mengatasi ketombe. Sebelum digunakan, lepaskan kalung, gelang, cincin atau perhiasan lainnya untuk menghindari kerusakan.

Cara menggunakannya sama seperti Anda keramas, yaitu diterapkan pada kulit kepala dengan cara dipijat. Biarkan selama 2 sampai 3 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Tidak seperti sampo biasa, obat ini biasanya hanya diresepkan untuk digunakan sekali atau dua kali seminggu. Penggunaan terlalu sering atau melebihi dosis bisa menyebabkan kulit kepala kering, rambut rontok, dan iritasi.

3. Zinc pyrithione

Sumber: Wikihow

Sampo antiketombe yang ada di pasaran biasanya mengandung zinc pyrithione, yaitu bahan aktif untuk mengurangi ketombe dan menjaga kulit kepala lebih sehat. Selain mengurangi ketombe, sampo ini juga memiliki manfaat untuk mengurangi rasa gatal.

Sebelum menggunakan obat ini, kocok lebih dahulu kemasan produk dan terapkan pada kulit kepala sama seperti Anda keramas. Hindari pembilasan dengan air hangat dan tidak disarankan pada kulit kepala yang kering.

4. Coal tar

Sumber: Emily Suggests

Coal tar bersifat keratoplastik, yaitu melepaskan sel-sel kulit mati dan memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit sehingga digunakan untuk mengobati ketombe, dermatitis seboroik, atau psoriasis. Obat ini hanya boleh diaplikasikan pada rambut atau kulit kepala saja.

Digunakan seperti sampo lainnya, namun didiamkan selama 15 menit dan dibilas dengan air dingin. Saat keramas, pastikan mata Anda tertutup rapat. Obat ini tidak boleh digunakan dalam dosis besar atau dalam jangka panjang, jadi harus disesuaikan dengan kondisi Anda.

Perhatikan ini dulu

Sebelum menggunakan obat ketombe yang mana pun, coba tes dulu dengan mengoleskan sedikit obat tersebut pada kulit tangan. Tunggu selama 24 jam, dan perhatikan apakah ada perubahan yang muncul pada area kulit tersebut.

Jika muncul tanda-tanda alergi, jangan pakai obat itu. Segera konsultasi ke dokter untuk mencari obat ketombe yang lebih tepat dan aman. Terutama jika obat akan digunakan pada ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak.

The post 4 Pilihan Obat yang Ampuh Menyingkirkan Ketombe Membandel appeared first on Hello Sehat.

Original Article