4 Tips Sehat Minum Kopi untuk Penderita Diabetes

Minuman berbahan dasar kopi memang digemari semua kalangan. Rasanya yang pahit asam menjadi daya tarik sendiri bagi pencinta minuman yang berasal dari biji kopi. Namun sayang, ada beberapa orang dengan kondisi tertentu yang harus mengurangi kecintaannya terhadap kopi, yakni untuk orang yang memiliki diabetes. Bagaimana cara yang sehat supaya penderita diabetes masih bisa menikmati kopi?

Mengenal diabetes

Diabetes adalah penyakit yang memengaruhi tubuh Anda dalam memproses gula darah. Gula darah adalah salah satu komponen penting dalam tubuh Anda, karena merupakan sumber energi untuk otak, otot, dan jaringan tubuh Anda. Kalau Anda terkena diabetes, berarti tubuh Anda kelebihan gula darah dan dapat menyebabkan masalah-masalah serius pada kesehatan Anda. Ada 2 tipe diabetes , yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Penderita diabetes harus mengurangi konsumsi kopi karena…..

Periset di Wake Forest University School of Medicine di North Carolina menemukan bahwa kafein bisa menyebabkan aliran darah ke otak jadi berkurang. Dalam penelitian tersebut, mereka menemukan bahwa konsumsi kafein tiap hari, khususnya untuk orang yang memiliki diabetes, dapat menurunkan aliran darah bagian serebral otak sebanyak 27 persen.

Tips sehat minum kopi untuk penderita diabetes

Seperti yang telah dibahas di atas, nyatanya ada efek kesehatan minum kopi untuk penderita diabetes. Meskipun begitu, Anda masih diperbolehkan minum kopi dengan beberapa ketentuan dan pastinya tidak dalam jumlah yang banyak, ya.

Berikut ini, merupakan tips minum kopi yang sehat jika Anda juga ingin tetap bisa mengontrol diabetes yang Anda miliki:

1. Batasi dan perhatikan kapan waktu mengonsumsi kopi

Mengurangi konsumsi kopi hingga hanya satu cangkir sehari dapat membantu Anda mengelola diabetes, lho. Perhatikan juga waktu ketika Anda minum kopi. Contoh, Anda bisa minum setengah cangkir kopi beberapa saat setelah bangun tidur dan minum setengah cangkir lagi saat sore hari.

2. Selalu pantau kadar gula darah

Walaupun diperbolehkan minum kopi, Anda tetap harus memantau kadar gula darah setiap hari. Cek dan pantau kadar gula darah sehabis Anda mengonsumsi kopi karena seperti yang diketahui, kopi bisa memengaruhi kadar glukosa dalam darah. Dengan memantau gula darah, Anda jadi bisa mengetahui waktu-waktu kapan yang pas untuk minum kopi

3. Pakai pemanis khusus diabetes

Tidak lengkap rasanya kalau minum kopi tanpa gula. Namun, gula dan kopi bisa menjadi kombinasi yang berbahaya bagi penderita diabetes tipe 2. Anda harus pandai-pandai menyeimbangkan antara kecintaan terhadap kopi dan pemanis yang digunakan. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan gula khusus penderita diabetes sebagai penambah rasa manis pada kopi.

Ada berbagai pilihan pemanis non-gula yang bisa Anda gunakan jika Anda mengidap diabetes. Salah satu yang dianjurkan adalah pemanis alami berbahan stevia yang mengandung nol kalori, atau pemanis rendah kalori yang mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga membantu diabetesi dalam mengontrol gula darah.

4. Ganti topping

Jika Anda hobi menggunakan creamer, batasi jumlah pemakaiannya, karena setiap sendok creamer biasanya memiliki 20-30 kalori. Daripada memakai creamer yang padat kalori, lebih baik Anda menggantinya dengan susu bebas lemak atau tidak menggunakan topping sama sekali.

The post 4 Tips Sehat Minum Kopi untuk Penderita Diabetes appeared first on Hello Sehat.

Original Article