5 Fakta yang Harus Anda Tahu Tentang Kulit Berminyak (Tak Selalu Buruk, Lho!)

Adanya kandungan minyak di wajah kadang membuat jadi tidak percaya diri. Malah kadang, ada beberapa orang yang terus menerus mencuci muka agar minyak di wajah hilang, atau bahkan memakai kertas minyak tiap 1 jam sekali agar minyak di wajah bisa surut.

Padahal, adanya minyak di wajah nyatanya tidak selalu buruk, lho. Daripada berburuk sangka terus dengan minyak di wajah, ada baiknya Anda menyimak beberapa fakta yang harus Anda ketahui tentang kulit wajah yang berminyak di bawah ini.

Fakta tentang minyak di wajah

1. Minyak di wajah bisa membuat wajah lebih lembab

Minyak di wajah sebenarnya sangat bermanfaat untuk kulit berjerawat, lho. Tapi pastikan Anda memilih produk perawatan yang benar. Minyak pada wajah dapat mengembalikan keseimbangan alami dan meningkatkan kelembaban kulit Anda. Selain itu, minyak pada wajah juga cocok sebagai jenis kulit orang yang tinggal di iklim tropis.

2. Kulit berminyak lebih tahan sinar matahari

Wajah yang berminyak ternyata lebih tahan terhadap sinar matahari, karena memiliki lapisan kelembaban yang lebih tebal. Kira-kira, tingkat asamnya pH nya sekitar 4,5 – 6,2 pH. Lapisan keasaman ini akan melindungi kulit dari bakteri dan mempertahankan kelembaban kulit, sehingga Anda juga tidak perlu menggunakan tabir surya berlebihan.

3. Kulit berminyak tetap butuh pelembab

Ada mitos yang mengatakan bahwa memakai pelembab pada kulit berminyak menyebabkan kulit semakin berminyak dan timbul jerawat. Padahal, penyebab kulit berminyak adalah kondisi kering yang terjadi pada kulit. Umumnya setelah pemakaian cleanser dan toner akan membuat kulit menjadi kering, sehingga pelembab yang tepat untuk kulit berminyak sangat diperlukan untuk membantu menjaga kelembaban kulit wajah.

4. Penyebab jerawat bukan karena kulit berminyak, tapi karena sisa kotoran dan makeup

Sebetulnya jika kulit berminyak Anda tumbuh jerawat, bukan karena si minyak yang ada pada wajah. Jerawat yang timbul biasanya karena sisa makeup dan kotoran yang tidak dibersihkan secara optimal, sehingga pori-pori kulit jadi tersumbat.

Saat pori-pori tersumbat oleh sisa makeup dan kotoran, kulit akan mengalami dehidrasi yang dapat memicu kulit memproduksi lebih banyak minyak sehingga timbulnya iritasi dan jerawat pada kulit.

5. Kulit berminyak umumnya didapat dari keturunan (genetik)

Banyak cara untuk mengatasi masalah kulit berminyak, namun cara apapun tidak akan bisa menghentikan munculnya minyak pada kulit karena faktor utama kulit berminyak berasal dari faktor genetik.

Mengatasi masalah kulit berminyak memang bukan hal yang gampang, namun mencoba mengubah gaya hidup untuk kulit lebih sehat seperti meminum banyak air, mengonsumsi makanan sehat, dan memakai produk perawatan wajah khusus untuk kulit wajah berminyak akan membantu mengontrol jumlah minyak pada kulit.

The post 5 Fakta yang Harus Anda Tahu Tentang Kulit Berminyak (Tak Selalu Buruk, Lho!) appeared first on Hello Sehat.

Original Article

Add Comment