5 Ide Metode Permainan atau Sensory Play pada Anak

SehatFresh.com – Pertumbuhan dan perkembangan pada anak tidak hanya dipengaruhi oleh faktor keturunan, akan tetapi hal tersebut juga dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal contohnya stimulus atau rangsangan yang diberikan kepada sang anak. Anda sebagai orangtua memiliki tugas dan kewajiban untuk membantu anak dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan anak salah satunya dengan memberikan rangsangan secara telaten.

Pada saat ini metode sensory play merupakan salah satu metode yang sedang boming dikalangan masyarakat untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan sang anak. Bagi anda yang bingung dalam menentukan jenis permainan, anda dapat melakukan 5 ide sensory play berikut ini:

  1. Mainan dalam es balok

Jenis ide permainan sensory play ini hanya memerlukan bahan berupa watebeads dan wadah untuk waterbeads. Cara membuat jenis permainan ini yaitu dengan cara merendam waterbead sebentar agar merekah, masukan rendaman tersebut kedalam wadah yang berisi air (isi air dalam waduh tersebut sekitar separuh wadah), setelah itu masukan ke dala freezer hingga bahan tersebut membeku, setelah itu masukan kembali waterbeads dan sisa air ke dalam freezer hingga membeku.

Apabila anak siap bermain masukan balok es tersebut ke dalam baskom atau wadah yang telah di isi oleh air. sebaiknya berikan palu yang tebuat dari plastik agar anak berusaha menghancurkan es balok tersebut. sensasi dingin dari es akan membuat anak merasa senang.

  1. Spageti pelangi

Spageti pelangi memerlukan bahan berupa spageti dan pewarna makanan minimal 3 warna. Cara membuatnya yaitu dengan merebus spagheti hingga matang, kemudian bagi spageti tersebut menjadi tiga wada atau sesuai berapa banyak jenis warna yang akan diberikan kepada anak, setelah itu teteskan pewarna makana tersebut ke spageti aduk hingga merata. Siapkan hidangan spagheti tersebut di atas meja biarkan anak untuk bermain.

Apabila jenis permainan ini di makan oleh anak jangan khawatir karena bahan yang digunakan merupakan bahan makanan yang aman. Fungsi dari jenis permainan ini yaitu anak dapat mengenal berbagai jenis warna dengan merangsang indra penglihatan dan mengenal tekstur dengan indra perabaan. Selain itu apabila anak tak sengaja memakannya dapat merangsang indra pengecap dalam mengenal makanan.

  1. Permainan cat warna

Metode sensory play dapat terapkan melalui permainan cat warna yang dibuat dari cat warna dan kertas menggambar. Biarkan anak berkreasi dengan berbagai jenis warna dari cat tersebut. Selain itu jenis permainan ini dapat memperkuat bonding atau hubungan erat antara anak dengan orangtua. Anda dapat memberikan contoh menggambar binatang atau tumbuhan yang ada disekitar anak.

  1. Busa cucian

Jangan pernah larang si kecil apabila si kecil mengganggu anda pada saat mencuci pakaian. Tahukah bunda bahwa busa cucian dapat dijadikan sebagai salah satu ide untuk menerapkan sensory play. Berikan busa cucian tersebut di dalam ember kecil. Permaian jenis ini akan memberi pengetahuan bagaimana tekstur busa dan sensorik anak terasah. Selain itu anak juga dapat belajar mandiri dengan cara mencuci mainan miliknya.

  1. Cloud dough

Jenis permainan ini dapat dibuat dengan menggunakan tepung terigu dan minyak sayur yang ditambahkan pewarna makanan. Setelah adonan jadi berikan beberapa jenis cetakan. Biarkan anak berkreasi dengan bahan permainan dan cetakan tersebut. setelah anak bosan memainkan jenis permainan ini ini dapat di campurkan dengan air dan kemudian akan menjadi jenis permainan yang disebut obleck. (KMY)

Original Article