5 Rahasia Membuat Waktu Bersama Si Kecil Jadi Makin Menyenangkan

Pergi kerja, mengurus keperluan rumah seperti memasak, membersihkan rumah, dan mencuci adalah pekerjaan yang umumnya dilakukan orangtua. Sayangnya, hal-hal tersebut bisa membuat Anda lupa meluangkan waktu bersama anak. Orangtua sibuk dengan urusan pekerjaan kantor dan rumah, sementara anak sibuk dengan sekolah. Sibuk bekerja boleh saja, tapi tetap ingat untuk menghabiskan waktu bersama anak dan keluarga. Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan waktu luang Anda bersama anak.

Tips supaya bisa menghabiskan waktu bersama anak lebih berkualitas

Menghabiskan waktu bersama anak tak hanya baik untuk tumbuh kembangnya, tapi tentu akan membuat Anda senang dan hubungan makin erat.

Namun bagaimana jika kedua orangtua bekerja? Apakah harus ada yang berhenti kerja salah satunya? Tak harus begitu, itu akan tergantung dengan bagaimana cara Anda membagi waktu antara pekerjaan dan anak. Berikut adalah tips supaya waktu luang yang Anda miliki tetap berkualitas dan membuat si kecil senang.

1. Sekali-kali, coba masak bersama si kecil

Salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu bersama anak adalah melibatkannya dalam menyiapkan makanan. Tak hanya ketika proses memasaknya saja, tapi Anda bisa mengajaknya pergi belanja bahan makanan hingga menghidangkannya di meja makan.

Rencana ini dapat membuat Anda dan anak membicarakan hal tentang mencoba makanan dan pengalaman baru, makanan yang disukai dan tidak disukai, serta makanan sehat dengan nutrisi seimbang.

Hal ini dapat mengajari anak Anda dalam kebiasaan berbelanja yang cerdas, hemat biaya dan sehat sehingga ia akan membawanya hingga dewasa nanti. Selain itu, juga memberi Anda kesempatan untuk meningkatkan ikatan antara orangtua dan anak seiring waktu yang dihabiskan bersama.

2. Olahraga bersama

Gunakan pagi hari di akhir pekan Anda untuk olahraga bersama keluarga. Anda bisa jalan santai mengelilingi jalan sekitar rumah, atau jogging di taman. Tak usah olahraga yang terlalu berat, yang penting Anda bisa menghabiskan waktu bersama anak dan mendapat manfaat dari olahraga tersebut.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengajak sang buah hati untuk jalan sore hari setelah pulang kerja. Atau lakukan jalan-jalan malam bersama sebelum tidur.

Berjalan-jalan santai di malam hari dapat membuat tenang dan ini bisa kesempatan yang menyenangkan bagi anak-anak yang tidak akan diizinkan keluar jika sendirian.

Anda dapat saling bertukar cerita atau hanya berjalan bersama dan berbagi pengalaman. Pada saat Anda kembali ke rumah, anak Anda mungkin cukup lelah untuk langsung menuju ke tempat tidur.

3. Libatkan anak-anak dalam pekerjaan rumah

Sambil menikmati waktu bersama anak, Anda juga bisa mengajarkannya berbagai keterampilan dengan melibatkan anak dalam pekerjaan rumah seperti membantu membersihkan rumah.

Ketika Anda berencana untuk merawat tanaman di halaman rumah, ajak anak Anda untuk membantu Anda menyiram tanaman. Anda juga bisa mengajaknya untuk membantu Anda di dapur, misalnya membilas peralatan makan yang sedang Anda cuci.

Dengan melibatkan anak-anak dalam pekerjaan rumah, Anda bisa memiliki waktu bersama anak lebih banyak. Anda bisa bertukar cerita sambil melatih anak dalam memberi tanggung jawab urusan rumah. Ini bisa ia terapkan hingga dewasa nanti.

4. Temani anak Anda saat mengerjakan PR

susu uht untuk anak

Salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu bersama anak Anda adalah membantunya menyelesaikan PR. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui perkembangannya dan melihat apa yang ia pelajari dan bagaimana yang ia lakukan.

Namun ingat, Anda hanya membantu dan menemani, bukan untuk mengerjakan PR untuknya. Biarkan anak Anda memecahkan masalah dan jelaskan apa yang ia lakukan saat ia melakukannya. Tetap terlibat dalam tugas sekolahnya memastikan anak Anda bisa melakukannya dan bantu ia jika tidak mengerti.

5. Habiskan malam di akhir pekan bersama

lingkungan keluarga harmonis berhubungan dengan kualitas hubungan asmara yang baik

Ini bisa dibilang seperti “family night” dengan menghabiskan setiap malam di akhir pekan bersama anak-anak. Anda bisa menciptakan kenangan untuk anak Anda hingga dewasa nanti.

Lakukan kegiatan yang menyenangkan di malam hari, seperti nonton film bersama sambil makan camilan, membuat permainan yang menyenangkan, membuat camp di halaman rumah.

Kuncinya adalah bahwa malam di setiap akhir pekan ditetapkan untuk waktu bersama. Tenang dan berbicara satu sama lain, Anda mungkin akan memiliki hal-hal baru yang Anda pelajari dari anak-anak Anda di malam istimewa ini.

The post 5 Rahasia Membuat Waktu Bersama Si Kecil Jadi Makin Menyenangkan appeared first on Hello Sehat.

Original Article