5 Trik Mengakali Diri Sendiri Agar Yakin Anda Pantas Sukses Meraih Prestasi

Semua orang ingin hidup bahagia dan sukses di dunia ini. Salut, jika Anda adalah salah satu orang yang berhasil meraihnya. Namun jika setelah melewati berbagai kerikil dan halang rintang untuk meraihnya Anda justru malah merasa seperti pecundang yang tidak pantas sukses, Anda mungkin memiliki imposter syndrome.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekitar 70 persen orang setidaknya akan mengalami sindrom ini sekali seumur hidupnya. Fenomena psikologis ini terutama lebih banyak dialami wanita karier yang telah mendulang kesuksesan.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk melawan perasaan negatif ini — terlebih ketika Anda memang benar-benar sudah sepantasnya menikmati buah kesuksesan yang Anda tanam sendiri?

Tips mengakali diri untuk mengusir rasa tidak pantas sukses

1. Kenali perasaan Anda

Untuk Anda akhirnya bisa ikhlas merangkul kesuksesan dari hasil kerja keras Anda selama ini, Anda perlu lebih dulu memahami emosi dan perasaan Anda. Begitu Anda mulai gampang cemas, minder, frustrasi, atau bahkan sampai merasa depresi ketika merasa gagal memenuhi standar yang Anda tetapkan sendiri, stop dulu sejenak untuk merenung dan berpikir.

Berbagai macam emosi negatif itu adalah tanda-tanda klasik dari impostor syndrome. Saat Anda sudah berhasil mendeteksinya, Anda akan tahu langkah apa yang harus Anda lakukan selanjutnya untuk mulai mengatasi kemelut tersebut.

2. Ceritakan pada orang terpercaya

Cobalah untuk curhat kepada sahabat, keluarga, atau bahkan konsultasi ke tenaga ahli tentang apa yang Anda rasakan. Dengan mendapatkan masukan dan nasihat dari sudut pandang baru, Anda Anda pun akan dipaksa untuk bercermin pada diri sendiri.

Selain itu, dengan curhat Anda jadi bisa mengetahui bahwa bukan hanya Anda sendiri yang mengalami kondisi ini. Menyadari bahwa ada orang lain yang juga pernah “sepaham” dengan Anda bisa membuat Anda merasa lebih lapang dada.

3. Berhenti membandingkan pencapaian Anda dengan orang lain

Membandingkan diri Anda dengan orang lain bisa menjadi bumerang untuk diri Anda sendiri. Dengan membandingkan diri Anda dengan orang yang Anda rasa lebih dari Anda, Anda akan semakin merasa terpuruk dan merasa tidak pantas untuk meraih sukses. Anda juga mungkin menganggap orang-orang tersebut mendapatkan kesuksesannya dengan mudah.

Ingat, orang-orang yang sangat sukses juga dulu pernah berada di posisi yang rendah. Untuk bisa menjadi individu yang seperti sekarang, mereka berani mengakui kesalahan (yang hanya diketahui oleh mereka sendiri) dan belajar serta bekerja keras untuk memperbaiki diri.

Belajar menghargai kekuatan dan potensi diri Anda sendiri membuat Anda segera menyadari bahwa Anda memiliki banyak hal yang bisa Anda lakukan.

4. Jangan terlalu terpaku dengan standar tinggi

Anda harus belajar agar tidak terlalu terpaku pada standar yang tinggi atau standar yang sempurna untuk diri Anda sendiri. Sadarilah bahwa semua orang tidak perlu menjadi sempurna dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.

5. Kejar tujuan Anda tanpa henti terlepas dari apa yang Anda rasakan

Cara terbaik untuk mengalahkan rasa tidak pantas sukses adalah terus mengambil tindakan, terlepas dari apa yang Anda rasakan. Jika Anda berani mengambil risiko dan menghadapi segala ketakutan Anda, maka Anda dapat melakukan apa saja.

Dibutuhkan banyak keberanian untuk mengejar tantangan bahkan ketika Anda ragu. Lagi pula, Anda tidak pernah benar-benar tahu seberapa banyak yang dapat Anda capai jika Anda tidak mencobanya.

Anda berhasil karena Anda melakukan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang ekstra, sesuatu yang Anda yakini, sesuatu yang tidak dilakukan orang lain,dan yang orang lain tidak pernah mencobanya.

The post 5 Trik Mengakali Diri Sendiri Agar Yakin Anda Pantas Sukses Meraih Prestasi appeared first on Hello Sehat.

Original Article