6 Asupan Vitamin dan Mineral Penting untuk Naikkan Kadar Trombosit Darah

Trombosit (platelet) adalah sel yang membantu proses pembekuan darah dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan trombosit riskan mengalami berbagai masalah kesehatan dalam jangka panjang. Kondisi ini dikenal dengan nama trombositopenia. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Mengingat begitu penting fungsi keping darah yang satu ini, tidak ada salahnya untuk coba menaikkan trombosit secara alami lewat asupan makanan sehari-hari.

Sumber nutrisi terbaik untuk menaikkan trombosit darah

masak makan sayuran

Membiasakan makan makanan tinggi vitamin dan mineral nyatanya dapat membantu tubuh untuk memproduksi sekaligus mempertahankan jumlah trombosit tetap normal dalam darah. Lantas, apa aja yang perlu kita penuh setiap hari?

Folat

Folat (vitamin B9) berperan penting untuk memproduksi sel darah merah normal dan mencegah anemia.

Anda bisa memperoleh folat dari makan kacang-kacangan, jeruk segar, hati sapi, asparagus, buncis, dan sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan kubis.

Zat besi

Sama seperti folat, zat besi juga mendukung fungsi tubuh untuk menghasilkan sel-sel darah merah baru. Pilihan makanan seperti kerang, daging sapi, kacang-kacangan, hati sapi, biji labu, coklat hitam (dark chocolate), serta tahu bisa membantu Anda menaikkan trombosit yang terlalu rendah.

Vitamin B12

Vitamin B12 juga turut serta membantu fungsi tubuh untuk memproduksi sel darah merah baru.

Sumber makanan yang mengandung vitamin B12 sebagian besar berasal dari makanan hewani seperti hati sapi, daging sapi, telur, ikan, kerang, susu almond, dan susu kedelai. Jika Anda vegetarian atau vegan, Anda bisa mendapatkan vitamin B-12 dari:

  • Sereal gandum fortifikasi B-12
  • Produk susu nabati, seperti susu almond atau susu kedelai yang sudah difortifikasi (ditambah B-12 dalam proses pembuatannya)
  • Suplemen

Vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk membantu mempercepat penyerapan zat besi yang nantinya berpengaruh terhadap peningkatan jumlah trombosit.

Selain dari jeruk, Anda bisa dengan mudah mendapatkan sumber vitamin C dari sayur brokoli, kubis, buah kiwi, stroberi, mangga, nanas, tomat, dan paprika hijau atau merah.

Vitamin D

Kerja vitamin D dalam tubuh tidak main-main. Selain membantu menguatkan tulang, otot, saraf, dan daya tahan tubuh, “vitamin matahari” ini juga penting untuk mendukung fungsi sumsum tulang yang memproduksi trombosit dan sel darah lainnya.

Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin D dari pancaran sinar matahari pagivitamin D dari pancaran sinar matahari pagi, tapi beberapa makanan seperti kuning telur, ikan salmon, ikan tuna, minyak hati ikan, susu, serta yogurt yang diperkaya vitamin D juga akan membantu Anda memenuhi kebutuhannya.

Vitamin K

Sumber makanan vitamin K adalah labu, kedelai, serta sayuran hijau seperti brokoli, sawi, lobak hijau, bayam, dan sawi. Semua makanan ini sangat penting untuk membantu proses pembekuan darah.

Sementara itu, hindari makanan-makanan ini

Berbagai sumber makanan di atas dapat membantu Anda meningkatkan kadar trombosit darah. Namun untuk memungkinkan prosesnya berjalan optimal, sebaiknya hindari sejumlah makanan dan minuman ini di saat yang bersamaan:

  • Minuman keras dan alkohol.
  • Susu sapi
  • Jus cranberry.
  • Makanan dan minuman mengandung pemanis buatan aspartam.

Empat jenis sumber makanan dan minuman ini justru akan memperlambat dan menurunkan produksi trombosit, sehingga akhirnya mengganggu proses penggumpalan darah.

Amannya, selalu konsultasikan dulu mengenai sumber dan pola makanan Anda kepada ahli gizi jika ingin menaikkan trombosit yang terlalu rendah. . Perencanaan pola makan dan jumlah nutrisi yang tepat dapat membantu meningkatkan trombosit sekaligus mengobati penyebab dari trombositopenia itu sendiri.

The post 6 Asupan Vitamin dan Mineral Penting untuk Naikkan Kadar Trombosit Darah appeared first on Hello Sehat.

Original Article