6 Bahan Alami untuk Membantu Atasi Infeksi Jamur Vagina

Gejala infeksi jamur vagina memang lebih ampuh diatasi dengan konsumsi obat-obatan tertentu, terlebih bila Anda baru pertama kali mengalaminya. Namun, nyatanya ada beberapa obat infeksi jamur vagina alami yang patut Anda coba. Jangan salah, meski terbuat dari bahan alami, setidaknya ini dapat membantu meringankan gejala, lho.

Pilihan obat infeksi jamur vagina alami yang aman dan manjur

1. Yogurt

greek yogurt

Greek yogurt tanpa gula adalah salah satu obat infeksi jamur vagina alami yang bisa Anda coba. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Journal of Antimicrobial Chemotherapy melaporkan bahwa kandungan probiotik pada yogurt dapat membantu melawan infeksi Candica albican, penyebab infeksi jamur vagina.

Yogurt mengandung bakteri baik bernama Lactobacillus acidophilus. Bakteri ini dapat membantu menyeimbangkan jumlah bakteri pada vagina dan meredakan gejala infeksi.

2. Bawang putih

makan bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antimikroba yang ampuh melawan infeksi jamur C. albicans pada vagina. Untuk meraup khasiatnya, Anda bisa makan bawang putih mentah-mentah atau mengolahnya ke dalam berbagai masakan supaya rasanya lebih lezat.

3. Minyak kelapa

minyak kelapa untuk rambut

Minyak kelapa efektif melawan jamur C. albicans penyebab infeksi jamur vagina. Namun, pastikan Anda menggunakan minyak kelapa organik yang benar-benar murni. Setelah itu, baru oleskan tipis minyak kelapa pada area vagina yang terinfeksi.

4. Cuka apel

manfaat cuka apel sebagai obat psoriasis alami

Kalau Anda memiliki cuka apel di dapur, ini bisa Anda manfaatkan sebagai obat infeksi jamur vagina.

Masukkan 120 mililiter atau sekitar 8 sendok makan cuka apel ke dalam bak mandi berisi air hangat, lalu berendamlah selama 20 menit. Cara ini dapat membantu menghilangkan mikroorganisme berbahaya pada vagina Anda.

5. Minyak pohon teh

tea tree oil

Tea tree oil alias minyak pohon teh dapat membantu membunuh jamur, bakteri, dan virus penyebab infeksi jamur vagina. Jenis minyak ini juga dipercaya dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri sehat di vagina.

Larutkan minyak pohon teh dengan minyak kelapa terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan tipis-tipis larutan minyak ke area organ intim yang terinfeksi jamur. Ingat, minyak ini sifatnya cukup keras sehingga Anda wajib berkonsultasi dulu ke dokter sebelum menggunakannya pada vagina.

6. Vitamin C

kebutuhan vitamin C saat puasa

Sebagian wanita yang terkena infeksi jamur vagina berusaha memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya. Ini karena vitamin C mengandung zat antimikroba yang tak hanya dapat membunuh jamur C. albicans, tetapi juga sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh.

Ketimbang mengonsumsi suplemen, Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian lewat makanan.

Yang penting diperhatikan sebelum pakai bahan-bahan alami ini

Seberapa ampuhnya pengobatan alami untuk infeksi jamur vagina tentu berbeda-beda pada setiap wanita. Ini tergantung kondisi masing-masing, cara penggunaan obat alaminya, dan berbagai hal lainnya.

Perlu dicatat, produk apa pun baik itu alami maupun kimiawi tetap berisiko menimbulkan efek samping yaitu iritasi pada vagina. Apalagi ketika vagina sedang dalam kondisi terkena infeksi jamur. Hentikan penggunaan bahan alami bila Anda mengalami iritasi atau muncul keluhan baru.

Bahan alami tidak dianjurkan untuk menggantikan kunjungan atau pengobatan dari dokter. Sebelum menggunakan bahan alami apa pun, konsultasikan dulu dengan dokter Anda.

The post 6 Bahan Alami untuk Membantu Atasi Infeksi Jamur Vagina appeared first on Hello Sehat.

Original Article