6 Penyebab Wajah Bengkak, dari Alergi Hingga Sindrom Langka

Saat bangun tidur, mungkin Anda akan kaget melihat wajah bengkak seperti ikan buntal. Biasanya ini terjadi karena Anda tidur dengan posisi tengkurap. Namun, bukan hanya itu saja, ada banyak penyebab wajah jadi terlihat bengkak. Apa saja penyebabnya? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut.

Berbagai penyebab wajah bengkak yang perlu Anda ketahui

Wajah yang bengkak bisa disebabkan oleh penyakit atau juga penggunaan obat-obatan tertentu, seperti:

1. Alergi

Pembengkakan pada mata, hidung, atau area wajah lainnya paling umum terjadi karena alergi. Reaksi alergi ini bisa muncul setelah Anda memakan sesuatu, terpapar serbuk sari, tungau, atau debu.

Pembengkakan tersebut terjadi karena tubuh mengenali penyebab alergi (alergen) sebagi zat yang berbahaya sehingga menimbulkan peradangan berupa pembengakan.

2. Abses gigi

Gigi berlubang jika tidak diobati lambat laun bisa menjadi sarang bakteri. Akibatnya, bakteri akan menginfeksi gigi sehingga gigi jadi mengeluarkan nanah. Kondisi ini dikenal juga dengan abses gigi. Jika kondisi ini terjadi dan tidak segera ditangani, wajar jika gusi jadi bengkak dan pipi Anda jadi terlihat membesar.

3. Konjungtivitis (mata merah)

Konjungtivitis (mata merah) bukan hanya menyebabkan mata jadi perih dan gatal, tapi juga membuat area sekitar mata jadi bengakak. Kondisi ini biasanya terjadi karena infeksi atau peradangan pada selaput lendir yang melapisi kelopak mata akibat virus, alergi, bakteri, atau penggunaan kotak lensa.

4. Infeksi sinusitis kronis

Sinus menjadi ruang udara yang berada di antara mata, belakang dahi, hidung, dan tulang pipi. Nah, saat tersumbat lendir, sinus bisa terinfeksi dan meradang. Kondisi ini dikenal juga dengan sinusitis.

Selain menimbulkan rasa nyeri di sekitar hidung, dahi, serta mata, wajah juga bisa membengkak. Biasanya pembengkakan wajah terjadi ketika sinus sudah sangat parah.

5. Gondongan

Gondongan umumnya terjadi pada anak-anak dan disebabkan oleh virus. Virus tersebut menyebabkan infeksi dan pembengakan pada kelenjar air liur.

Akibatnya, Anda bisa mengalami gejala demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kesulitan untuk menelan. Kelenjar air liur yang membengkak bisa menimbulkan rahang dan pipi bengkak.

6. Menggunakan obat steroid dan punya sindrom Cushing

Penggunaan obat steroid dosis tinggi dapat menimbulkan efek samping wajah bengkak. Namun, orang yang memiliki Cushing syndrome juga bisa mengalami kondisi yang sama jika menggunakan jenis obat ini.

Sindrom langka ini terjadi ketika kadar kortisol terlalu banyak diproduksi oleh kelenjar adrenalin. Bukannya membantu mengatur tekanan darah, kortisol yang berlebih malah menimbulkan kulit memar, pertumbuhan rambut jadi lebih lebat, dan pembengkakan pada wajah.

The post 6 Penyebab Wajah Bengkak, dari Alergi Hingga Sindrom Langka appeared first on Hello Sehat.

Original Article