8 Tips Mudah Mengatasi Nyeri Haid (Premenstrual Syndrome)

Bagi kebanyakan wanita, kedatangan “Si bulan” bukanlah momen yang ditunggu-tunggu meski datangnya hanya sebulan sekali. Pasalnya, Anda harus lebih dulu dipertemukan dengan rentetan keluhan menyebalkan sebelum si tamu bulanan akhirnya mampir. Mulai dari payudara bengkak, kram perut, mood swing, sampai sakit kepala — rasanya hampir semua wanita pernah mengalami satu atau lebih keluhan sakit saat menstruasi ini, atau yang lebih dikenal dengan PMS. Berikut 8 tips yang dapat membantu Anda mengatasi gejala nyeri haid Anda.

Tips mengatasi rasa sakit saat menstruasi akibat PMS

Sebenarnya, nyeri haid bukanlah hal yang perlu untuk dikhawatirkan. Tetapi jika terjadi sesuatu, semakin cepat Anda menangani masalah tersebut, akan lebih cepat bagi Anda untuk merasa lebih baik. Berikut cara-cara mudah mengatasi rasa sakit saat menstruasi akibat PMS.

1. Berhenti merokok

Studi yang dilakukan pada lebih dari tiga ribu wanita selama 10 tahun menunjukkan bahwa wanita yang merokok lebih rentan mengalami gejala nyeri haid yang lebih hebat. Meski alasan pastinya dibalik temuan ini belum jelas, namun dengan menghindari rokok atau berhenti merokok dapat memperbaiki atau bahkan mencegah terjadinya gejala PMS.

2. Tetap aktif berolahraga

Semakin aktif Anda berolahraga saat menstruasi dan semakin rutin Anda menjalani latihan tersebut, maka gejala nyeri haid akan semakin mudah untuk ditangani. Bahkan bukannya tidak mungkin menghilang sama sekali.

Stacy Sims, seorang fisiologis dari USA Cycling Women’s Track Endurance Program, dilansir dari Health, mengatakan bahwa olahraga teratur selama datang bulan dapat mengendalikan perdarahan haid yang berat, mengurangi nyeri punggung, serta kram perut akibat PMS. Pasalnya, tubuh akan terus menghasilkan endorfin saat berolahraga. Endorfin adalah senyawa kimia yang dilepaskan otak untuk membantu meringankan rasa sakit yang dialami wanita saat haid. Selain itu, endorfin yang dihasilkan akan membantu karena membuat Anda merasa lebih positif dan rileks, sehingga Anda merasa lebih baik

Berolahragalah setidaknya 30 menit per hari atau 2,5 jam setiap minggu. Olahraga aerobik, seperti jogging, sepeda, lari, menari, berenang, dan jalan kaki adalah pilihan olahraga terbaik selama menstruasi.

3. Atur pola makan

Memperbanyak makan buah, sayur, dan biji-bijian dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit saat menstruasi akibat gejala PMS. Karbohidrat kompleks yang terdapat dalam bji-bijian utuh seperti gandum dapat membantu memperbaiki mood buruk akibat mood swing.

Jangan lupa Anda juga perlu mengurangi konsumsi gula, pemanis buatan, lemak, dan garam. Menjaga pola makan sehat juga membuat tubuh Anda terasa lebih sehat dan bugar selama dan setelah menstruasi.

4. Batasi asupan alkohol dan kafein

Tanpa Anda sadari, asupan alkohol dan kafein dapat memicu peningkatan rasa sakit saat menstruasi. Pertimbangkan untuk membatasi minuman beralkohol, juga makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan cokelat di sepanjang siklus menstruasi Anda.

5. Relaksasi

Bergulat dengan nyeri haid seringkali membuat Anda menjadi mudah cemas dan tegang, jadi ada baiknya Anda mempelajari beberapa teknik relaksasi sebagai bagian dari perawatan diri Anda selama menstruasi. Pertimbangkan yoga, teknik pernapasan dalam, atau meditasi. Teknik peregangan seperti yoga atau tai chi dapat membantu Anda rileks dan akan menenangkan otot dan persendian yang sakit. Akupuntur, pijat, dan perawatan chiropractic juga dapat membantu meredakan gejala sakit saat menstruasi.

6. Konsumsi suplemen makanan

Suplemen kalsium dengan dosis harian 1.200 mg terbukti dapat membantu meringankan gejala nyeri haid pada sebagian wanita. Peneliti juga menemukan bahwa asam lemak tertentu, seperti omega-3 dan asam linoleat yang ditemukan dalam suplemen, dapat mengurangi iritabilitas dan mengurangi gejala nyeri haid.

7. Konsumsi obat pereda nyeri

Konsumsi obat pereda nyeri jenis NSAID seperti naproxen atau ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi dan mengurangi perdarahan menstruasi. Cobalah untuk mulai konsumsi obat 1 atau 2 hari sebelum hari pertama menstruasi Anda. NSAID bekerja paling baik bila dikonsumsi sebelumnya dan secara berkala sepanjang hari Anda merasa sakit.

8. Kompres hangat

Salah satu gejala PMS paling klasik adalah kram perut dan nyeri punggung. Untuk mengatasi keluhan ini, anda bisa tempelkan kompres hangat di tempat yang terasa sakit. Suhu hangat dapat memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah dan suplai oksigen dapat lebih mudah mencapai daerah yang sakit. Hal ini akan membantu relaksasi dari otot dan mengurangi nyeri. Suhu yang hangat juga akan mengurangi kekakuan dan meningkatkan rentang gerak bagian tubuh yang nyeri. Biasakan untuk tidak mengompres lebih dari 20 menit untuk sekali waktu. Beri jeda sekitar 10-15 menit sebelum mulai mengompres lagi, jika diperlukan.

The post 8 Tips Mudah Mengatasi Nyeri Haid (Premenstrual Syndrome) appeared first on Hello Sehat.

Original Article