Anak Susah Mandi? Coba 5 Tips Ini Agar Waktu Mandi Jadi Seru

Namanya anak-anak, pasti ada kalanya si kecil malas mandi atau bahkan tidak mau mandi sama sekali. Biasanya, ini terjadi karena si kecil sedang asyik bermain dan tidak ingin diganggu dengan apa pun. Sebagai orangtua, jangan panik atau tarik urat dulu, ya. Kegiatan memandikan anak sebetulnya bisa menjadi momen menyenangkan bagi Anda dan si kecil, asalkan Anda tahu trik-trik jitunya.

Tips menciptakan suasana menyenangkan saat memandikan anak

Wajar saja kalau anak susah mandi, apalagi kalau si kecil sedang aktif-aktifnya bermain dan belajar banyak hal. Namun, tak perlu cemas dulu. Anak bisa berubah jadi rajin mandi kalau Anda mampu menciptakan suasana baru nan menyenangkan di kamar mandi.

Saat memandikan anak, ciptakan suasana yang asyik dan menyenangkan di kamar mandi dengan cara:

1. Ganti gayung mandi dengan gelas atau mangkuk plastik

Sumber: Verywell Family

Mandi pakai gayung tentu sudah menjadi hal yang biasa saat memandikan anak. Nah, supaya tidak bosan dan menarik perhatian anak, cobalah ganti gayung yang biasa Anda pakai dengan gelas atau mangkuk plastik.

Jangan salah, hal ini justru dapat membuat anak mau mandi, lho. Pasalnya, anak lebih tertarik dengan benda-benda yang mudah digenggam dan bisa dibuat mainan.

Misalnya, anak akan lebih mudah mengguyur tubuhnya sendiri dengan gelas plastik ketimbang menggunakan gayung. Anda juga bisa memandikan anak sambil mengajarinya memindahkan air dari gelas ke mangkuk plastik atau sebaliknya. Hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik anak, lho.

2. Biarkan si kecil menggambar di tembok saat mandi

Sumber: Verywell Family

Anda mungkin merasa kesal saat si kecil mulai mencorat-coret dan mengotori dinding dengan krayon atau pensil warna semaunya. Ketimbang melarang anak mewarnai dinding, sebaiknya alihkan saja kegiatan ini ke waktu mandi anak.

Biarkan anak mencorat-coret dinding kamar mandi dengan menggunakan bath crayon atau krayon khusus mandi. Tenang, jenis krayon ini dapat dihapus dengan mudah hanya dengan menggunakan air, kok. Jadi, Anda bisa memandikan anak sembari membiarkan si kecil menumpahkan imajinasinya dengan menggambar dan mewarnai.

Dengan cara ini, waktu memandikan anak bisa menjadi momen yang menyenangkan bagi si kecil. Anak pun jadi tidak sadar saat Anda menggosok badannya, mengeramasi, dan membilas tubuhnya hingga bersih. Hal ini dijamin akan membuat anak mau mandi tanpa perlu tarik urat.

3. Mandi busa dan gelembung

Sumber: Verywell Family

Mandi hanya dengan air biasa mungkin membuat anak bosan dan ogah mandi. Untuk memberikan suasana baru, coba ciptakan banyak gelembung dan busa saat si kecil mandi.

Mandi busa dapat menarik perhatian si kecil supaya ia mau mandi. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan cara ini untuk melatih motorik si kecil dengan memintanya meniup, memecahkan, atau bahkan menciptakan gelembung lewat tangannya sendiri.

Namun ingat, pastikan sabun yang Anda gunakan untuk menghasilkan busa aman untuk kulit anak yang sensitif. Gunakan sabun yang bebas wewangian, paraben, maupun bahan kimia yang berbahaya untuk kulit halusnya.

4. Siapkan mainan favorit anak

Sumber: Today’s Parent

Taruhlah beberapa mainan favorit anak di kamar mandi supaya ia mau mandi. Contohnya bebek karet, spons mandi, dan perahu yang bisa dimainkan di dalam bak mandi.

Namun, kalau anak mulai bosan dengan mainan yang itu-itu saja, mungkin sudah saatnya Anda menyiapkan mainan lainnya. Anda bisa menyiapkan mainan berbentuk pancingan dengan ikan yang diberi magnet supaya si kecil bisa berlatih memancing di sela-sela waktu mandi.

Meskipun digunakan di dalam air, pastikan untuk selalu mencuci bersih dan mengeringkan mainan-mainan tersebut secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mencegah penumpukan bakteri pada mainan yang dapat mengiritasi kulit anak.

5. Ajak saudara kandungnya mandi bersama

Sumber: Fatherly

Kalau anak Anda memiliki adik atau kakak, ajaklah ia untuk mandi bersama si kecil. Selain menghemat waktu Anda dengan memandikan dua anak sekaligus, momen mandi bersama ini juga bisa menjadi sesi bermain yang menyenangkan.

Tanpa sadar, mereka akan saling menghibur satu sama lain. Entah itu saling mencipratkan air, membuat gelembung, atau bahkan bernyanyi bersama saat mandi. Kalau anak tidak punya kakak atau adik, berikan si kecil boneka yang bisa menemaninya mandi bersama.

The post Anak Susah Mandi? Coba 5 Tips Ini Agar Waktu Mandi Jadi Seru appeared first on Hello Sehat.

Original Article