Apa Bahayanya Minum Racun Rumput? (Plus, Langkah Pertolongan Pertamanya)

Racun rumput adalah cara yang paling efektif untuk mengendalikan pertumbuhan rumput liar di areal perkebunan dan sawah padi. Dengan menggunakan racun ini, petani tak perlu lagi repot-repot menyianginya satu per satu menggunakan parang. Di sisi lain, racun yang biasa disebut paraquat ini ternyata juga sering dipakai untuk percobaan bunuh diri.

Racun rumput adalah zat yang sangat beracun. Dalam dosis kecil sekalipun, menenggak racun ini dapat berakibat fatal. Penting untuk mengetahui apa efek racun pada tubuh dan bagaimana cara tepat menangani keracunan akibat paraquat, agar Anda dapat menyelamatkan nyawa.

Akibatnya pada tubuh ketika minum racun rumput

Setelah menenggak racun rumput dalam jumlah besar, Anda mungkin akan mengalami bengkak dan rasa sakit hebat pada mulut dan tenggorokan, serta lidah melepuh. Tanda-tanda lainnya dari keracunan racun rumput dosis tinggi adalah detak jantung cepat/abnormal, keringat deras, kelemahan otot, sakit perut, muntah-muntah (bisa muntah darah), sulit bernapas, dan diare (yang mungkin berdarah). Kerusakan yang terjadi pada ginjal dan hati dapat menyebabkan mata menguning.

Keracunan paraquat juga dapat menyebabkan dehidrasi, syok tekanan darah rendah (hipotensi), paru-paru terisi cairan, hingga gagal jantung. Kesemua reaksi ini dapat berakibat fatal, mengalami koma atau bahkan kematian — baik cepat maupun lambat. Pada beberapa kasus keracunan paraquat, korban mampu bertahan hidup dalam satu hingga dua minggu, namun biasanya berujung pada kematian.

Menolong orang yang keracunan minum racun rumput

Jika Anda menemukan orang terdekat Anda melakukan usaha bunuh diri dengan minum racun rumput atau tidak sengaja menelan racun ini karena satu dan lain hal, segera lakukan upaya pertolongan pertama di bawah ini:

  1. Hubungi 119 atau nomor darurat keracunan di (021)7256526, (021) 7257826, (021) 7221810.
  2. Jangan tunggu bantuan datang dan lebih baik segera larikan ke rumah sakit, jika korban keracunan mengalami salah satu hal ini:
    • Tampak mengantuk, linglung, atau tidak sadarkan diri
    • Sulit bernapas atau berhenti bernapas
    • Rasa semangat atau gelisah yang tidak terkendali
    • Mengalami kejang
  3. Singkirkan apapun yang masih berada dalam mulut korban. Jika racun yang diduga merupakan pembersih rumah atau bahan kimia lainnya, bacalah label wadah dan ikuti panduan untuk keracunan yang tidak disengaja.
  4. Lepas semua pakaian yang telah terkontaminasi. Letakkan pakaian ke dalam plastik dan ikat atau solasi dengan rapat agar tidak tersentuh oleh orang lain.
  5. Jika korban muntah, miringkan kepalanya ke samping untuk mencegah tersedak.
  6. Jika korban tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan, seperti tidak bergerak, bernapas, atau batuk, segera lakukan resusitasi jantung (CPR).
  7. Jika racun mengenai kulit, segera bilas menggunakan sabun dan air selama 15 menit. Jangan terlalu keras dalam menggosoknya karena dapat merusak kulit Anda dan malah mendorong racun masuk lebih dalam ke tubuh.
  8. Jika racun masuk ke mata, siran dengan air mengalir selama 15 menit
  9. Berikan korban yang masih sadar minum activated charcoal untuk menetralisir racun dalam tubuh

Di IGD, bersiaplah untuk menjelaskan informasi tentang korban terkait gejala, usia, berat badan, obat-obatan yang ia gunakan, dan informasi lain yang Anda ketahui tentang penyebab keracunannya. Cobalah untuk menentukan jumlah racun yang telah ditelan dan sudah berapa lama sejak korban terpapar racun tersebut. Jika mungkin, bawalah botol, wadah, atau kemasan mencurigakan lainnya sehingga Anda bisa mengacu pada labelnya saat melapor pada petugas medis atau pihak berwajib.

Jika Anda mencurigai ada potensi keracunan pada seseorang atau pada diri Anda sendiri, hubungi Halo BPOM di 1500533 atau hubungi Sentra Informasi Keracunan (SIKer) di daerah Anda. SIKer adalah sumber terbaik untuk informasi tentang keracunan, dan di banyak kondisi, dapat menganjurkan bahwa perawatan di rumah sudah mencukupi. Nomor telpon SIKer nasional dan daerah dapat Anda lihat di sini.

Jika Anda merasakan tendensi untuk bunuh diri, atau mencurigai orang-orang terdekat Anda memiliki kecenderungan bunuh diri, hubungi LSM Jangan Bunuh Diri (021-96969293), LSM Imaji (+62274-2840227), atau nomor darurat 119.

The post Apa Bahayanya Minum Racun Rumput? (Plus, Langkah Pertolongan Pertamanya) appeared first on Hello Sehat.

Original Article