Apa Saja Perubahan Fisik Pasca Melahirkan

SehatFresh.com – Tubuh wanita akan mengalami beberapa perubahan signifikan secara fisik setelah melalui proses kehamilan selama 9 bulan serta menjalani persalinan untuk melahirkan bayinya. Berikut perubahan fisik yang Anda alami setelah melahirkan :

  • Perut berubah

Setelah melahirkan, rahim masih menggeras dan bulat. Biasanya setelah 6 minggu berat hanya akan 2 ons dan tidak lagi merasa sakit. Tapi bekas perut yang mengembang tidak akan hilang dalam waktu cepat. Bahkan, untuk ibu yang menjaga kekuatan otot perut sekalipun akan tetap besar setelah melahirkan. Untuk kembali mendapatkan perut yang datar seperti dulu, rutinlah berolahraga. 5 pilihan seperti dilansir Fit Pregnancy bisa dipraktikkan untuk mengencangkan bentuk perut.

  • Selulit

Kehilangan bobot tubuh setelah melahirkan ternyata bisa berefek menimbulkan selulit atau dikenal dengan istilah kulit jeruk. Selulit terjadi karena adanya penimbunan lemak akibat hasil ketidakseimbangan jaringan lemak di bawah permukaan kulit. Umumnya, daerah di paha, pinggul, betis, bokong dan perut berisiko mengalami selulit. Selulit yang terjadi pada perempuan hamil, akibat kadar hormone estrogen dan progesterone yang drastis meningkat untuk hasilkan lemak lebih banyak guna melindungi kulit. Meski bayi sudah lahir, guratan lemak ini umumnya tidak segera hilang.

  • Payudara mengendur

Kehamilan atau bahkan proses menyusui mungkin akan membuat payudara Anda terlihat besar. Namun setelah proses tersebut usai, payudara akan mengendur. Bra yang berkualitas baik dan dapat menunjang payudara akan memperkuat otot pektoralis yang dapat memperbaiki bentuk payudara Anda.

  • Kaki bengkak

Pembengkakan kaki yang juga populer dengan gejala edema ini juga lumrah terjadi setelah melahirkan. Saat melahirkan, rahim mendorong aliran darah sehingga beredar ke seluruh tubuh termasuk kaki. Ditambah lagi dengan asupan cairan infus saat melahirkan yang pada akhirnya menumpuk pada kaki dan tangan. Untuk itu, persiapkan sandal yang nyaman untuk dipakai saat setelah melahirkan.

  • Vagina kering

Perubahan hormon yang terjadi pasca melahirkan dapat menyebabkan vagina terasa kering dan tidak elastis terutama jika Anda sedang menyusui. Apabila Anda mengalami hal tersebut, berkonsultasilah dengan dokter. Kemungkinan dokter akan memberikan Anda resep suplemen estrogen untuk mengatasi hal ini.

  • Pinggang lebih besar

Wanita yang pernah melahirkan mempunyai pinggang lebih besar daripada yang belum. Hal itu terjadi karena beberapa lemak yang membantu produksi air susu disimpan perut. Selain itu otot-otot pinggang juga mengendur saat hamil dan persalinan. Tapi setiap wanita berbeda tergantung seberapa besar otot-otot perut Anda meregang saat hamil. Dan otot-otot itu bisa kencang kembali dengan melakukan Sit up.

  • Berat badan

Umumnya wanita yang baru melahirkan punya kelebihan berat badan. Meskipun ada juga sebagian kecil wanita yang tidak mengalami hal itu. Pada sebuah penelitian disebutkan bahwa wanita yang tidak punya anak punya kelebihan berat badan 3-6,5 kg dalam 5 tahun, sedangkan wanita yang punya satu anak punya kelebihan berat badan 5-9,5 kg.

  • Rambut dan kulit

Setelah melahirkan banyak para ibu merasa rambutnya menjadi sangat mudah rontok akibat proses kerja hormon dalam tubuh. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir sebab rambut yang rontok akan kembali tumbuh normal setelah hormon dalam tubuhmu kembali seperti sediakala. Begitu pula dengan kulit yang menjadi lebih mudah kusam dengan kantung mata yang terjadi akibat kelelahan setelah melahirkan dan mengurus bayi. (KKM)

Original Article