Aturan Aman Jika Anda Mau Memberi Semangka Pada Bayi

Semangka untuk bayi Anda bisa dijadikan bahan tambahan makanan atau untuk cemilan. Semua jenis buah memang sehat, tapi memberikan buah untuk bayi tidak boleh sembarangan. Harus diketahui terlebih dahulu baik atau tidaknya untuk bayi Anda.

Nah, buah semangka merupakan salah satu buah tropis yang memiliki banyak manfaat karena kaya akan air, kalium, dan vitamin. Selain itu, warna merah dan kuning yang cerah bisa membuat bayi penasaran dan ingin mencobanya. Ditambah rasanya yang manis segar dengan tekstur yang renyah sekaligus lembut memang sangat disukai oleh semua orang, dari bayi sampai orangtua.

Kapan boleh memberi semangka untuk bayi?

Saat mengenalkan makanan baru pada bayi, sebaiknya tunggu sampai bayi bisa mengatasi tekstur makanan tersebut. Semangka boleh diberikan untuk bayi Anda antara usia 8-10 bulan.

Namun, Anda harus memerhatikan beberapa faktor. Apakah bayi sudah memiliki cukup gigi untuk mengunyah? Apakah bayi benar-benar mengunyah makanannya sebelum menelan? Karena tekstur semangka susah hancur, maka sebaiknya jangan mengenalkannya terlalu dini.

Manfaat sehat semangka untuk buah hati

1. Menjaga keseimbangan cairan dan mencegah dehidrasi

Semangka dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh si kecil. Ini karena semangka memiliki kandungan yang terdiri dari 93 persen air dan tujuh persen daging. Komposisi ini bisa mencegah dehidrasi dan sangat baik selama cuaca sedang panas terik, khususnya kalau bayi banyak berkeringat. Buah ini juga mengandung elektrolit, yang membantu mengurangi kemungkinan terkena sengatan panas.

2. Baik untuk jantung si kecil

Semangka memiliki kandungan likopen. Likopen adalah antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi laju serangan asma. Kandungan ini semakin meningkat saat buahnya matang.

Semangka juga kaya akan karotenoid seperti neurosporena, lutein, phytofluene, phytoene, dan beta-karoten. Sama seperti likopen, berbagai kandungan karotenoid ini baik untuk menjaga fungsi jantung bayi dalam masa pertumbuhan.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Semangka mengandung vitamin C, yang penting untuk membantu melawan infeksi, memperkuat sistem kekebalan tubuh (imun), dan membantu meningkatkan sel darah merah serta hemoglobin melalui penyerapan zat besi. Sistem kekebalan tubuh yang kuat berarti tubuh si kecil semakin jauh dari berbagai jenis penyakit.

4. Meningkatkan penglihatan

Vitamin A yang terkandung dalam semangka sangat dianjurkan untuk penglihatan si kecil. Kandungan vitamin ini sangat banyak didapatkan dari makan semangka. Manfaat vitamin A lainnya termasuk membuat kulit lebih sehat dan bercahaya sekaligus mendukung pertumbuhan gigi si kecil.

5. Perkembangan tulang

Semangka juga mengandung mineral yaitu kalsium dan mangan yang membantu dalam perkembangan tulang. Kalsium penting untuk menghasilkan hormon pertumbuhan. Magnesium membantu dalam membangun fungsi otot dan saraf pada bayi.

6. Sumber vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks mencakup berbagai vitamin yang memberikan berbagai manfaat. Vitamin dalam buah semangka ini membantu produksi sel darah merah, pengembangan sistem saraf, penguatan sistem kekebalan tubuh, fungsi otak dan perbaikan protein, dan meningkatkan metabolisme pada tubuh bayi.

7. Melancarkan pencernaan bayi

Semangka kaya akan serat makanan sehingga bisa membantu menjaga agar saluran pencernaan tetap sehat. Makan semangka bisa membantu menyembuhkan sembelit dan buang air besar yang tidak teratur pada bayi.

Perhatikan hal-hal berikut ini kalau mau memberikan semangka buat bayi Anda

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memberi makan semangka untuk bayi Anda.

  • Perhatikan reaksi alergi makanan pada bayi setelah diberi makan buah semangka. Misalnya kulit bayi jadi kemerahan dan gatal-gatal, diare, muntah, dan bagian tubuh tertentu seperti bibir membengkak.
  • Tekstur buahnya. Karena semangka adalah buah yang berair, kebanyakan orang berpikir bahwa memberi semangka dalam bentuk jus lebih baik daripada memberi dalam bentuk potongan. Namun, memberi makan bayi Anda dengan jus bukanlah ide bagus. Jus buah untuk bayi meningkatkan risiko gigi berlubang. Ditakutkan juga bayi jadi tidak tertarik untuk makan makanan padat. Jadi lebih baik berikan potongan kecil semangka untuk bayi Anda. Jika Anda tidak yakin apakah bayi Anda akan memakannya, cobalah menumbuknya sedikit.
  • Pastikan buahnya berkualitas tinggi. Jangan beli semangka yang sudah dipotong dan dikemas ulang. Buah yang sudah dipotong dari penjualnya memiliki risiko kontaminasi yang tinggi. Sebaiknya beli buah semangka dalam bentuk utuh dan sudah matang.
  • Potong buah di rumah. Potong semangka secukupnya dan simpan sisa buah yang belum dipotong di kulkas. Jika buah semangka dari kulkas ingin diberikan lagi untuk bayi Anda, pastikan buah itu mencapai suhu ruangan sebelum Anda memberikannya kepada bayi Anda, tidak terlalu dingin. Potong dalam ukuran yang kecil-kecil agar bayi tidak tersedak.
  • Keluarkan setiap biji semangka yang ada sebelum Anda memberikan ke bayi Anda. Buah yang penuh dengan banyak biji dapat membuat bayi tersedak.

The post Aturan Aman Jika Anda Mau Memberi Semangka Pada Bayi appeared first on Hello Sehat.

Original Article