Ayo, Bagi Waktu! Berbagai Hal Ini Bisa Ibu Lakukan Saat Bayi Tidur

Menjadi ibu baru membawa dampak yang besar pada kehidupan Anda tentunya. Kadang, ibu baru mungkin kaget dengan segala perubahan yang dialaminya saat baru punya bayi. Ibu mungkin akan kurang tidur karena setiap detiknya ia harus merawat bayinya. Namun, dengan pengaturan waktu yang baik, sebenarnya hal ini bisa diatasi. Ibu bisa melakukan banyak sesuatu saat bayi tidur. Apa saja?

Berbagai hal yang bisa ibu lakukan saat bayi tidur

Ibu juga tidur saat bayi tidur merupakan hal yang banyak disarankan, dengan begitu ibu tidak akan kurang tidur. Tapi, Anda tentu mempunyai banyak hal yang harus dilakukan, seperti mengurus diri Anda atau harus melakukan pekerjaan rumah.

Berikut ini merupakan hal-hal yang bisa Anda lakukan saat bayi tidur.

Mencuci dan menjemur pakaian

Saat punya bayi baru, tentu cucian Anda jadi menumpuk. Tak heran, karena bayi baru lahir biasanya sangat banyak membasahi popoknya. Nah, inilah saatnya untuk mencicil cucian Anda saat bayi tidur. Semakin sering Anda menumpuk cucian pasti akan bertambah banyak dan tambah sulit untuk diselesaikan. Mencuci dengan mesin cuci tentu akan sangat memudahkan akan untuk membereskan semua cucian Anda ini.

Mencuci piring atau masak

Selain baju, mungkin piring kotor juga menumpuk di dapur Anda karena belum sempat dicuci. Saat bayi tidur, ini menjadi kesempatan Anda untuk mencuci piring kotor dan membereskan dapur Anda. Anda mungkin juga bisa melakukan pekerjaan rumah lainnya, seperti memasak untuk makan siang atau makan malam.

Membersihkan diri

Mandi saat bayi tidur tentu bisa membuat Anda lebih segar setelah seharian merawat bayi Anda yang mungkin juga sampai menghasilkan keringat. Mandi dapat menenangkan pikiran dan hati Anda, dengan begitu dapat mengurangi stres yang Anda rasakan.

Makan

Seharian bersama bayi Anda mungkin membuat Anda sulit menemukan waktu untuk memberi makan diri Anda sendiri. Padahal, Anda butuh makan untuk mengganti energi yang hilang, apalagi jika Anda menyusui bayi. Nah, saat bayi tidur inilah saatnya Anda makan. Pastikan menu makanan yang Anda makan mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, vitamin , dan mineral.

Menemani bayi tidur

Jika pekerjaan rumah sudah Anda selesaikan semua, Anda mungkin bisa tidur di samping bayi Anda untuk mengistirahatkan tubuh Anda sembari menjaga bayi Anda yang sedang tertidur. Berada di samping bayi sambil menatap bayi Anda juga bisa mempererat ikatan antara ibu dan bayi, serta berdampak positif pada produksi ASI. Menatap bayi bisa membuat tubuh ibu menghasilkan hormon oksitosin lebih banyak, yang diperlukan untuk produksi ASI dan membangun ikatan, seperti dilansir dari Belly Belly.

Namun, pastikan bayi tidur dalam kondisi aman saat Anda bekerja

Terkadang, Anda mungkin merasa tidak tenang jika meninggalkan bayi sebentar saat ia tidur. Takut bayi akan nangis dan Anda tidak mendengarnya, selagi Anda sedang mandi atau melakukan hal lain. Anda mungkin akan mengeceknya setiap lima menit sekali untuk memastikan bahwa bayi tidur dengan aman dan nyaman.

Untuk itu, sebelum Anda meninggalkan bayi yang sedang tertidur untuk melakukan pekerjaan Anda, sebaiknya pastikan dulu bayi tidur dengan nyenyak, nyaman, dan aman. Ini penting agar Anda juga merasa tenang saat melakukan hal lain.

Pastikan bayi tidur di tempat tidur bayi yang aman –ada pembatas, sehingga bayi tidak akan terjatuh meskipun ia berguling. Juga, pastikan tidak ada celah antara matras dan tempat tidur bayi (box bayi), jika bayi tidur di sini. Membedong bayi juga bisa menjadi salah satu cara agar bayi tidur lebih nyaman. Selain itu, membedong bayi juga dapat mengurangi risiko bayi mati mendadak (SIDS). Pastikan juga tidak ada benda yang dapat menutupi jalan napas bayi saat tidur, seperti bantal, selimut, boneka, mainan, guling, atau lainnya.

The post Ayo, Bagi Waktu! Berbagai Hal Ini Bisa Ibu Lakukan Saat Bayi Tidur appeared first on Hello Sehat.

Original Article