Bagaimana Prosedur USG Saat Hamil Dilakukan?

USG saat hamil merupakan salah satu pemeriksaan rutin untuk melihat kondisi bayi Anda. USG akan dilakukan pada trimester pertama maupun kedua, atau sesuai anjuran dokter. Lantas, bagaimana prosedur USG kehamilan?

Apa yang harus dilakukan sebelum USG kehamilan?

tanda kehamilan

Pada saat awal kehamilan, jika Anda akan melakukan USG, Anda perlu mengisi penuh kandung kemih Anda dengan cara minum 2-3 gelas air putih pada 1-2 jam sebelum pemeriksaan.

Hal ini diperlukan agar mendapatkan gambaran yang jelas pada janin Anda dan alat reproduksi Anda. Sebaiknya Anda tidak mengeluarkan urin Anda hingga pemeriksaan USG dilakukan.

Selain itu, sebelum memulai USG, sebaiknya Anda juga memberitahu semua obat yang sedang Anda minum, baik obat medis ataupun herbal. Ikuti petunjuk spesifik lainnya dari dokter Anda.

Apa yang dilakukan saat USG kehamilan?

Saat USG, Anda diminta untuk berbaring di atas tempat tidur. Kemudian Anda akan dioleskan gel pelumas khusus di kulit. Ini digunakan untuk mencegah gesekan yang bisa melukai kulit saat bagian transduser ultrasound digerakan di atas kulit.

Transduser merupakan bagian alat USG yang berbentuk mirip seperti mikrofon, yang akan memancarkan gelombang suara. Gel ini juga membantu meneruskan gelombang dari alat USG lebih efektif .

Transduser kemudian ditempelkan pada bagian kulit yang sudah diolesi oleh gel sambil digerak-gerakan. Alat transduser USG itu bekerja dengan menyebarkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi.

Lalu, ketika ada objek dalam tubuh misalnya ada organ, atau ada tulang alat ini akan memberikan sinyal pantulan ke komputer. Sinyal pantulan ini akan membentuk gambaran yang nantinya akan dijelaskan oleh dokter hasilnya.

Dalam beberapa kasus, USG tidak bisa menghasilkan gambar yang cukup jelas, mungkin karena terlalu banyak udara dalam usus dan kondisi lainnya. Maka itu, USG ini dimasukkan ke dalam vagina yang disebut sebagai USG transvaginal. Biasanya USG jenis ini dilakukan pada saat awal kehamilan untuk memastikan apakah kehamilan Anda berkembang rahim atau tidak.

Setelah selesai menggunakan alat USG, dokter akan memeriksa gambar hasil tersebut dan kemudian menjelaskan hasilnya pada Anda.

USG dalam kehamilan diperlukan untuk mengetahui perkembangan janin, kemungkinan kehamilan ganda hingga abnormalitas janin. Prosedur ini paling sering dilakukan saat kehamilan karena tidak invasif, tidak nyeri dan aman bagi janin.

The post Bagaimana Prosedur USG Saat Hamil Dilakukan? appeared first on Hello Sehat.

Original Article