Berbagai Kandungan Nutrisi dan Manfaat pada Buah Bit

SehatFresh.com – Buah bit merupakan buah berjenis umbi dengan warna merah keunguan. Bisa dikatakan buah bit memiliki kemiripan dengan ubi, perbedaanya pada dagingnya yaitu buah bit memiliki warna merah saat anda belah. Buah ini termasuk dalam kelas Beta Vulgaris dan subspesies Vulgaris Conditiva.

Banyak kandungan nutrisi yang bisa anda dapatkan dari buah bit. Kandungan nutrisi buah bit antara lain karbohidrat, protein, asam folat, kalium, serat larut, antioksidan, magnesium, zat besi, tembaga, fosfor, triftofan, caumarin, betasianin, vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B9.

Dari kandungan nutrisi buah bit tentunya memiliki manfaat, khususnya manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Manfaat pada buah bit antara lain:

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah bit kaya akan antioksidan dan vitamin C sehingga bermanfaat bagi tubuh anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang menurun dengan buah bit dapat membantu anda untuk tidak mudah terserang penyakit.

  1. Menyembuhkan masalah sistem pencernaan

Masalah sistem pencernaan yang umumnya dialami yaitu diare, disentri dan mual. Jika anda sering mengalami masalah tersebut maka ada baiknya mengonsumsi buah bit karena buah bit kaya akan serat sehingga bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anda.

  1. Mengobati hipertensi

Orang dengan hipertensi biasanya kesulitan mencari asupan nutrisi karena salah sedikit maka tekanan darah semakin naik. Buah bit bisa menjadi solusinya. Dengan kandungan kalium dalam buah bit yang anda konsumsi dapat menurunkan hipertensi, sehingga tekanan darah anda terkendali.

  1. Mencegah anemia

Selain menurunkan hipertensi, ternyata buah bit juga baik dikonsumsi bagi anda yang mengalami anemia. Seperti yang anda ketahui bahwa anemia dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan buah bit ini juga kaya akan zat besi sehingga dapat mencegah anemia.

  1. Mengendalikan kolesterol

Manfaat lain dari buah bit yaitu dapat mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah anda. Untuk mendapatkan manfaat itu anda harus rajin mengonsumsi buah bit bisa dimakan secara langsung, atau di jus dan direbus.

  1. Membuat tubuh berenergi

Jika anda sering lesu dan letih, buah bit bisa menjadi asupan untuk meningkatkan stamina anda. Hal ini terjadi karena buah bit mengandung nitrat. Nitrat berfungsi mengurangi pengeluaran oksigen saat beraktivitas sehingga anda tidak akan kelelahan dan stamina akan tetap terjaga. (DKA)

Original Article