Berbagai Macam Program Diet untuk Pria

SehatFresh.com – Untuk urusan diet biasanya wanita lebih rewel. Tapi, tidak semua pria hanya akan tinggal diam jika berat badannya berlebihan. Mengingat kaum pria memiliki kecenderungan makan lebih banyak daripada wanita. Apakah ada program diet yang sekiranya cocok dilakukan oleh kaum Adam?

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai diet oleh pria adalah merencanakannya. “Perlu semacam rencana agar diet Anda berhasil”, kata penasihat nutrisi kesehatan pria.

Dari rencana-rencana yang ada, seorang pria bisa menentukan diet seperti apa yang sekiranya cocok baginya. Berikut adalah berbagai macam diet yang dapat dijalankan oleh pria:

  • Diet tinggi protein

Protein merupakan zat yang penting bagi tubuh. Protein mempunyai berbagai peran antara lain pembentuk struktur utama sel, untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh, produksi hemoglobin, enzim serta hormon, mengatur kualitas asam basa, pembentuk antibodi, menghasilkan energi dan untuk kontraksi otot.

Diet protein dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Tetapi, tetap diimbangi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Diet protein juga harus diimbangi dengan olahraga yang teratur agar fungsi dalam tubuh bekerja secara maksimal. Diet protein ini membuat pria tampak ideal dan berotot.

  • High-fat diet

Perlu ditegaskan diet lemak bukan berarti tidak mengonsumsi lemak sama sekali, melainkan mengonsumsi sesuai kebutuhan kalori sehari-hari. High-fat diet atau diet lemak tinggi yaitu menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi secara berlebih. Dalam mengonsumsi lemak dianjurkan tidak lebih dari 35% dari kebutuhan kalori di dalam tubuh. Lemak yang berlebih di dalam tubuh akan menyebabkan turunnya performance saat melakukan aktivitas.

  • Diet jantung sehat

Biasanya, pria lebih rentan terkena serangan jantung daripada wanita. Masalah jantung sering dikaitkan dengan berat badan yang berlebih. Diet jantung sehat merupakan diet yang dilakukan dengan cara tidak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan diimbangi olahraga teratur. Diet ini tidak jauh berbeda dengan high-fat diet. Menu makanan yang wajib antara lain daging tanpa lemak, putih telur dan susu rendah lemak.

  • Diet abs (abdomens)

Perut buncit kerap kali dikaitkan dengan pria. Diet abs dapat menghilangkan perut buncit tersebut. Diet abs berarti melatih otot-otot perut yang terdapat di abdomens (bagian bawah dada dan sekitar pinggul). Otot-otot tersebut meliputi bagian perut atas (tepat di bawah dada), perut bawah (di sekitar pingul) dan perut samping kiri dan kanan. Untuk melatih otot-otot tersebut dapat dilakukan di rumah dengan latihan jacknife exercise, crunch, reverse crunch, plank dan lain-lain.

  • Diet paleo

Diet paleo ini merupakan pola makan yang pelakunya hanya mengonsumsi sayuran, buah, daging, dan telur tanpa diberikan tambahan, seperti gula, garam, minyak, atau mentega. Mereka juga tidak mengkonsumsi makanan olahan, seperti susu, pizza, sosis dan lain-lain. Diet ini dianjurkan bagi pria karena mampu menurunkan kandungan lemak di dalam tubuh. (SBA)

Original Article