Bolehkah Melakukan Yoga Saat Sakit?

Sudah jadwalnya yoga tapi sedang tidak enak badan? Mungkin Anda dilema, apakah harus lanjut yoga atau istirahat dulu. Memang, yoga bukanlah olahraga dengan intensitas tinggi, maka itu bagi beberapa orang tidak masalah jika harus melakukan yoga saat sakit. Namun, tak sedikit pula yang kondisinya semakin buruk karena memaksakan untuk berolahraga. Lantas, sebenarnya bolehkan yoga saat sedang sakit?

Semua tergantung pada kondisi tubuh

Sebenarnya boleh tidaknya melakukan yoga saat sakit akan tergantung pada diri sendiri. Kondisi setiap orang berbeda, beberapa orang mungkin merasa lebih segar setelah melakukan yoga meski kondisinya sedang tak enak badan. Sementara beberapa lainnya justru sebaliknya.

Ketika sudah merasa tak enak badan, tanyakan pada diri Anda sendiri apakah tubuh Anda kuat untuk melakukan yoga atau tidak. Buatlah penilaian diri yang jujur, karena tak jarang yang merasa baik-baik saja tapi nyatanya tubuh tak mampu melakukannya. Dalam banyak kasus, memaksakan diri untuk melakukan yoga saat sakit akan membuat kondisi kesehatan kian memburuk.

Memang, ada beberapa kondisi di mana Anda merasa lebih baik setelah melakukan yoga meski dalam keadaan sakit. Namun, jika Anda merasa ini adalah awal dari sesuatu yang serius, ada baiknya beristirahat di rumah dan membiarkan tubuh Anda fokus pada pemulihan.

Kondisi yang membuat Anda tak boleh latihan yoga

Pada umumnya, banyak dokter memberikan pasien lampu hijau untuk berlatih yoga selama gejala yang mereka alami bersifat ringan, seperti hidung meler atau mampet. Jika itu yang terjadi, Anda masih dapat berlatih yoga seperti biasa.

Namun lain halnya jika Anda mengalami demam, flu, asma, kelelahan, sakit perut, serta sakit dan nyeri di badan, ada baiknya Anda tidak latihan yoga. Dalam keadaan normal, olahraga memang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tapi keadaan berbalik saat Anda sedang demam atau flu.

Pasalnya, saat Anda demam daya tahan tubuh Anda sedang menurun. Daya tahan tubuh bisa semakin menurun bila Anda kelelahan, karena beberapa gerakan yoga juga cukup berat, apalagi jika dilakukan saat tidak enak badan.

Hal ini membuat tubuh Anda jadi semakin lemah sehingga sulit untuk pulih dari sakit. Melakukan aktivitas fisik saat demam juga seringnya jadi penyebab utama cedera, karena dalam kondisi ini Anda jadi lebih sulit berkonsentrasi.

Sebaiknya Anda menghabiskan waktu dengan beristirahat, perbanyak minum cairan, dan makan-makanan yang bernutrisi tinggi untuk mempercepat proses pemulihan.

Yang harus diperhatikan jika ingin latihan yoga saat sakit

Jika Anda tetap memaksakan untuk melakukan yoga saat sakit, mungkin saja teman-teman di kelas yoga Anda merasa terganggu dengan kondisi Anda, misalnya akibat suara batuk yang tak bisa Anda tahan. Belum lagi flu atau pilek yang Anda derita bisa berpindah ke teman-teman atau instruktur yoga Anda. Jadi, memang sebaiknya istirahat sejenak di rumah dan melakukan gerakan yoga sendiri jika Anda mampu.

Ketika latihan yoga di rumah pun sebaiknya Anda tak melakukan gerakan yang sulit. Lakukan gerakan sederhana sesuai dengan kondisi dan kemampuan Anda. Bahkan bila perlu bikin gerakan yang paling mudah, seperti duduk di tepi tempat tidur Anda sambil melakukan peregangan samping.

Secara umum kunci aman latihan yoga ketika sakit adalah dengan melakukannya secara hati-hati. Melakukan gerakan yoga yang sulit dan berat akan menyebabkan stres pada tubuh Anda, sehingga dapat menekan sistem kekebalan tubuh.

Jadi, lakukan sesi latihan yoga secukupnya saja jika Anda merasa tidak enak badan. Jika Anda memaksakan tubuh Anda untuk melakukan sesuatu di luar kehendak, maka kondisi Anda akan bertambah parah.

The post Bolehkah Melakukan Yoga Saat Sakit? appeared first on Hello Sehat.

Original Article