Cara Menangani Jika Testis Cedera

SehatFresh.com – Sakit pada testis akibat cedera bisa menjadikan aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Jangan sampai hal seperti ini terjadi pada Anda. Apalagi bila rasa sakit itu dibiarkan hingga berlarut-larut sampai menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih serius.

Nyeri pada testis bukanlah hal yang sepele. Butuh upaya tertentu untuk bisa menyembuhkannya. Penanganan nyeri pada testis memang tak mudah. Pasalnya, kondisi itu dipicu dari beberapa faktor. Kendati demikian, tak perlu cemas. Sebab ada solusi efektif untuk mengatasi hal itu.

Berikut ini ada beberapa cara atau penanganan terhadap testis nyeri yang bisa Anda terapkan jika mengalami hal yang kurang mengenakkan ini.

  • Untuk bisa mengatasi nyeri pada testis, Anda bisa berbaring di tempat tidur dan mengangkat skrotum (kantung buah zakar) Anda. Tambahkan saputangan dan letakkan di bawah skrotum. Hal itu akan meringankan rasa sakit pada testis Anda.
  • Anda dapat memakai kapas di sekitar skrotum untuk menghindari cedera testis lebih lanjut. Selain itu, upaya ini juga akan membantu menyingkirkan rasa ketidaknyamanan.
  • Jika skortum membengkak, maka kompres dengan es batu. Es batu bisa mengurangi pembengkakan dan mengurangi sensasi rasa sakit atau nyeri yang dirasakan pada testis. Jangan mengompres testis yang nyeri dengan air hangat. Lebih baik, gunakan handuk yang telah dicelup air dingin.
  • Batasi aktivitas apapun jika terasa nyeri. Jika Anda memaksakan diri berolah raga atau beraktivitas berat saat testis sakit, risiko cedera bisa menjadi lebih besar.
  • Pakailah pakaian dalam yang longgar dan nyaman yang bisa melindungi testis Anda. Terlalu sering memakai pakaian ketat bisa menyebabkan sakit pada telur kemaluan pria. Jadi, perhatikan pakaian Anda agar penyebab buah zakar sakit bisa dicegah.

Lantas, kapan harus ke dokter? Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter bila nyeri pada testis sudah dalam kondisi parah, nyeri terus berlanjut, nyeri testis disertai dengan demam atau muntah, atau muncul kondisi pembesaran testis, seperti benjolan di skrotum.

Jika Anda pergi ke dokter, dokter perlu mengetahui sudah seberapa lama cedera Anda dan seberapa parah rasa nyeri yang Anda alami. Untuk mengeliminasi hernia atau masalah lainnya sebagai penyebab rasa sakit, dokter akan memeriksa perut dan selangkangan paha Anda.

Tambah pula, dokter juga akan melihat adanya pembengkakan, perubahan warna, dan kerusakan pada kulit skrotum serta memeriksa testis. Karena infeksi sistem reproduksi atau saluran kemih dapat menyebabkan rasa sakit yang serupa, dokter dapat melakukan tes urine untuk mengeliminasi infeksi saluran kemih atau infeksi organ reproduksi.

Jadi, sekali lagi jangan sepelekan nyeri pada testis. Pasalnya, jika tak segera ditangani dengan benar, bisa menyebabkan komplikasi dan bersifat permanen. (SBA)

Original Article