Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Remaja Berjilbab

SehatFresh.com – Kerontokan pada wanita berjilbab itu sendiri biasanya disebabkan akibat keringat pada kulit kepala karena sering tertutupi oleh jilbab, sehingga hal inilah yang menyebabkan rambut menjadi gatal dan juga rontok akibat ketombe. Maka dari itu, Anda harus merawat rambut dengan tepat saat berjilbab agar bisa mengatasi kerontokan pada rambut Anda. Berikut cara mengatasi rambut rontok pada remaja berjilbab:

  1. Ikat rambut dengan cara yang tepat

Banyak orang tidak tahu bahwa mengikat rambut yang salah dapat menyebabkan kerontokan. Mengikat rambut tidak boleh terlalu kuat ataupun terlalu sedang. Kemudian, ikat rambut yang digunakan juga harus halus dan lembut sehingga tidak merusak kondisi rambut Anda. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa Anda tidak boleh mengikatnya secara terus menerus.

  1. Jangan menyisir rambut saat basah

Pada saat rambut Anda basah maka mudah putus dan lebih rapuh. Terlebih jika Anda menyisir rambut pada kondisi basah. Dalam keadaan basah, Anda tidak dianjurkan untuk menyisir rambut. Cobalah menggunakan hairdryer atau handuk kering terlebih dahulu untuk membuat rambu Anda menjadi kering.

  1. Jangan mengenakan jilbab saat rambut basah

Sangat disarankan bagi Anda untuk menghindari pemakaian jilbab ketika rambut Anda sedang dalam keadaan basah, seperti setelah keramas. Rambut basah yang langsung ditutup dapat mengakibatkan semakin tingginya kadar kelembaban pada rambut. Kelembaban yang meningkat tersebut dapat menyebabkan rambut menjadi mudah rontok.

Meskipun kerontokan adalah proses yang sebenarnya terjadi secara alami pada rambut, namun dengan penggunaan jilbab yang saat rambut dalam kondisi basah dapat mengakibatkan kerontokan lebih dari 100 helai rambut per harinya. Oleh sebab itu, pastikan Anda telah mengeringkan rambut Anda sebelum Anda menggunakan jilbab Anda.

  1. Perhatikan belahan rambut

Belahan rambut Anda juga mempengaruhi kerontokan yang terjadi pada wanita berhijab. Sangat direkomendasikan agar Anda menghindari menarik garis belahan rambut Anda terfokus hanya pada satu sisi saja. Hal ini dikarenakan kerontokan dapat diawali dari banyaknya belahan garis pada rambut Anda.

  1. Hindari produk shampoo mengandung bahan kimia berbahaya

Beberapa produk shampoo mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang tidak cocok terhadap kulit kepala. Oleh sebab itu memilih shampoo yang sudah terbukti khasiatnya untuk menjaga rambut adalah hal yang perlu anda lakukan. Jangan perlah menggunakan shampoo yang mereknya tidak terdaftar di Badan POM.

Adapun cara alami yang dapat membantu mengurangi kerontokan rambut Anda:

  1. Menggunakan daun seledri

Beberapa kandungan vitamin seperti, zat besi, kalsium, vitamin A, natrium dan vitamin B dalam seledri dapat bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, lebih kuat dan lebih berkilau.

  1. Menggunakan lidah buaya

Tanaman Lidah Buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat bermanfaat untuk membantu menyuburkan rambut dan menjaga agar kulit kepala anda tetap sehat.

  1. Menggunakan teh hijau

Kandungan anti oksidan dalam teh hijau dapat bermanfaat untuk mengurangi, mencegah dan mengatasi rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga agar kondisi rambut tetap seha. (KKM).

Original Article