Cara Menolak Berhubungan Intim Tanpa Menyakiti Hati Pasangan

SehatFresh.com – Berhubungan intim memang menjadi kebutuhan biologis bagi suami istri yang harus terpenuhi. Sayangnya, salah satu pasangan tidak selalu bersedia melakukannya. Akhirnya, banyak yang mengabaikan keadaannya sendiri dan menuruti begitu saja permintaan pasangan untuk bercinta.

Soal berhubungan seks memang hal yang sensitif. Banyak suami yang berpikir bahwa tugas istri adalah melayaninya dalam keadaan apapun tanpa mempedulikan kondisi istri. Sebaliknya, sang suami juga belum tentu sedang mood untuk menggelar sesi bercinta.

Padahal, secara hukum, suami atau istri yang memaksa pasangannya untuk berhubungan seks tanpa kesepakatan adalah termasuk perkosaan dalam pernikahan. Secara agama pun, suami atau istri harus bijak mempertimbangkan keadaan pasangannya yang sedang tidak bergairah.

Alih-alih bersikap pasrah, seorang suami atau istri bisa menolak berhubungan intim. Tapi, sebaiknya hal ini dilakukan dengan cara tertentu agar tak menyakiti hati pasangan. Berikut cara menolak berhubungan seks tanpa membuat pasangan tersinggung:

  • Tidur lebih dulu

Biasanya, ini cara yang ampuh kalau memang kondisi badan lagi tidak fit. Tidur terlebih dulu dapat memberikan ‘kode’ keras kalau Anda lebih membutuhkan waktu untuk istirahat.

  • Katakan saja

Sebelum pasangan mengajak Anda untuk berhubungan seks, katakan padanya bahwa Anda sedang sangat lelah, haid, atau sedang tidak bergairah untuk berhubungan seks. Hal ini untuk mengantisipasi ajakan pasangan terlebih dulu untuk berhubungan seks. Ketimbang mengeluarkan kalimat yang menunjukkan bahwa Anda menolak berhubungan seks, maka ada baiknya Anda memberikan lampu merah terlebih dahulu padanya. Jangan lupa, komunikasi itu sangat penting. Ini berlaku untuk semua aspek rumah tangga.

  • Jujur

Berkata jujur tentang mengapa Anda hari ini tak ingin berhubungan seks jauh lebih baik daripada mencari-cari alasan untuk berbohong. Ia akan menghargai keputusan Anda yang sedang ingin istirahat, sibuk, lelah dan alasan lainnya.

  • Katakan, “Lain kali ya sayang”

Katakan pada pasangan Anda bahwa sekalipun kali ini Anda menolaknya, bukan berarti Anda tak mau berhubungan seks selamanya. Katakan padanya bahwa lain kali Anda akan menemukan waktu yang tepat untuk bisa berhubungan seks lagi.

  • Berikan jeda

Rutinitas seks yang terjadi terus menerus hanya akan membuat hubungan seksual jadi membosankan. Maka tidak ada salahnya memberikan waktu jeda agar hubungan seks jadi lebih menggairahkan lagi.

  • Merencanakan masa romantis berdua

Merencanakan masa bulan madu kedua atau sekadar ‘kencan’ di rumah sendiri akan membuat kehidupan rumah tangga jadi lebih berwarna.

Perlu keberanian sekaligus kelembutan untuk bisa menolak berhubungan seks dengan suami agar tak menyinggung perasaannya. Ingatlah bahwa Anda dan ia adalah rekan satu tim yang mestinya saling menghargai dalam banyak hal, tak terkecuali urusan ranjang. (SBA)

Original Article