Gerah dan Berkeringat Karena Kepanasan? Dinginkan Tubuh Dengan Segelas Air Hangat

Minuman dingin nan segar memang paling enak dinikmati saat cuaca sedang terik-teriknya. Namun, tahukah Anda sebenarnya cara ini kurang tepat untuk mendinginkan tubuh kalau sedang kepanasan? Anda justru harus minum yang hangat-hangat untuk mengusir gerah. Lho, kok begitu? Simak dulu penjelasan medisnya di bawah ini.

Gerah dan keringatan akibat cuaca panas? Minum yang hangat!

Sebuah penelitian tahun 2012 dari University of Ottawa School of Human Kinetic menyatakan bahwa minum minuman hangat justru bisa mendinginkan Anda yang sedang kegerahan. Pasalnya, suhu hangat dari minuman tersebut akan memicu tubuh untuk mengeluarkan banyak keringat.

Ketika lidah terbasahi dengan minuman hangat, reseptor saraf lidah akan mengirimkan sinyal “panas” yang dibaca otak sebagai bahaya. Otak kemudian akan berusaha melindungi Anda dari peningkatan suhu tubuh berlebihan dengan memproduksi keringat. Berkeringat merupakan cara alami tubuh untuk mendinginkan suhunya.

Cara mendinginkan tubuh ini akan lebih manjur lagi jika Anda minum minuman hangat di tempat yang terbuka. Jika Anda sedang merasa gerah dan minum segelas air hangat di ruangan tertutup, tubuh justru akan menarik kembali keringat Anda. Akibatnya, suhu inti tubuh justru akan semakin meningkat yang membuat Anda merasa semakin gerah dan kepanasan.

Cara jitu lainnya untuk usir gerah

1. Ngadem di ruangan dingin

Wajar jika Anda ingin ngadem di ruangan dingin ketika merasa gerah. Masuk ke dalam ruangan ber-AC, tapi jangan lupa untuk buka jendela lebar-lebar untuk membiarkan semilir angin masuk. Tutup gordennya supaya sinar terik matahari bisa terhalangi.

2. Mandi air dingin

Mandi air dingin bisa jadi cara yang tepat untuk mendinginkan tubuh setelah panas-panasan beraktivitas. Mandi bisa normalkan kembali suhu tubuh Anda. Namun, keringkan dulu keringat yang menempel sebelum membasuh tubuh.

3. Makan buah

Makan sayur dan buah yang mengandung banyak air, seperti semangka, timun, selada, bayam, buah-buahan berry, hingga melon dapat membantu mengusir kegerahan. Jadikan buah-buahan ini sebagai topping yogurt dingin untuk dicamil ketika cuaca panas sembari mencegah tubuh dari dehidrasi.

4. Minum air putih

Cuaca panas rentan membuat tubuh dehidrasi. Tangkal dengan minum air putih atau minuman elektrolit yang bisa bantu kembalikan cairan tubuh yang hilang dari keringat.

The post Gerah dan Berkeringat Karena Kepanasan? Dinginkan Tubuh Dengan Segelas Air Hangat appeared first on Hello Sehat.

Original Article