Hal-Hal yang Harus Diperhatikan saat Menjemur Bayi

SehatFresh.com – Sinar matahari di pagi hari sangatlah bagus untuk kesehatan kulit. Tidak hanya bagi orang dewasa, namun juga bagi bayi yang baru lahir. Lantas bagaimana cara menjemur bayi di pagi hari, hal apa saja yang perlu diperhatikan?

Seperti yang diketahui jika fungsi hati bayi yang baru lahir belumlah sempurna di dalam proses mengolah bilirubin. Hal itu karena kadar bilirubin di dalam darah bayi masih sangat tinggi, sehingga mengalami proses fisiologis yang bisa menimbulkan penyakit kuning.

Guna mengatasi penyakit kuning, para ahli medis umumnya akan menganjurkan cara alami dalam mengatasi hal tersebut dengan menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari di pagi hari sudah dipercaya dapat memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh secara alami.

Salah satu manfaat sinar matahari pagi adalah dapat menurunkan bilirubin yang terlalu tinggi, sehingga mencegah bayi menderita penyakit kuning setelah dilahirkan. Lantas bagaimana cara menjemur bayi yang baik untuk dilakukan?

Orangtua harus memilih waktu yang tepat untuk menjemurr bayi

Waktu yang tepat untuk menjemur bayi adalah pukul 07.00 sampai pukul 08.00 pagi. Jemurlah bayi kurang lebih 5 menit, karena kulit yang dimiliki masih sensitif. Hindari untuk menjemur bayi setelah pukul 08.00, karena pada waktu tersebut sinar matahari sudah mengandung ultraviolet yang bisa menyebabkan kerusakan pada membran kulit bayi.

Jemur bayi dalam keadaan telanjang dada

Hal yang perlu diperhatikan berikutnya saat menjemur bayi adalah menjemur dalam keadaan telanjang dada, namun tetap memakai popok atau celana. Hal ini memiliki tujuan agar bagian dada bisa terkena sinar matahari langsung, sehingga membantu pernafasan.

Membolak-balikkan tubuh bayi saat dijemur

Ketika menjemur di bawah sinar matahari pagi, dianjurkan untuk membolak-balikan tubuh bayi. Tidak hanya bagian dada depan yang terkena sinar matahari, namun juga bagian punggung belakang. Tujuannya agar proses menjemur bisa mendapatkan hasil optimal.

Perlu dihindari paparan sinar langsung di bagian mata bayi

Diusahakan posisi bayi membelakangi paparan sinar matahari, sehingga menghindari kontak langsung dengan mata. Hal tersebut dilakukan agar bayi terhindar dari ancaman kerusakan retina atau lensa mata.

Pilih lokasi yang tepat saat menjemur bayi

Menjemur bayi, sebenarnya tak harus di tempat terbuka. Bisa pula dilakukan pada tempat yang terlindung, namun sinar matahari masih menerobos masuk. Misalnya saja di kamar tidur dengan membuka pintu atau cendela, sehingga sinar matahari pagi masih bisa masuk secara langsung.

Bayi prematur disarankan tidak dijemur

Pada minggu pertama setelah kelahiran, bayi prematur rupanya masih memerlukan suhu yang stabil. Alhasil dianjurkan untuk tidak menjemur bayi prematur di bawah sinar matahari pagi. Jika bayi prematur dijemur, maka risikonya bisa menimbulkan efek negatif. Hal itu dikarenakan bayi dipaksa beradaptasi dengan lingkungan di luar ruangan. (APY)

Original Article