Hiiiy… Ternyata Mesin ATM Sama Kotornya Dengan Toilet Umum!

Jika membayangkan sesuatu yang kotor, mungkin jawaban pertama yang terlintas di pikiran Anda adalah toilet — terutama dudukan toilet. Toilet, khususnya toilet umum, memang terkenal sebagai tempat paling kotor dan jorok. Namun, jangan salah. Benda-benda yang sering Anda pegang dan pergunakan bisa saja jadi sarang bakteri yang lebih kotor daripada toilet umum, lho! Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan mesin ATM ternyata sama kotornya dengan toilet umum.

Mesin ATM bisa menjadi sumber bakteri

Penelitian tersebut dilakukan oleh BioCote, sebuah perusahaan pemasok teknologi antimikroba dari Amerika Serikat. Penelitian menunjukkan bakteri yang bersemayam di permukaan mesin ATM hampir sama banyaknya dengan yang ada di toilet.

Hasil temuan itu disimpulkan setelah mengambil sampel dari bantalan tombol angka pada mesin ATM di sejumlah area di Inggris yang digunakan oleh ribuan orang. Tim peneliti selanjutnya juga mengambil sampel dari dudukan toilet dengan cara yang sama, untuk membandingkan kedua sampel bakteri tersebut di bawah mikroskop laboratorium.

Kemudian sampel-sampel itu dibiarkan semalaman. Baik sampel dari ATM maupun dudukan toilet menunjukkan pertumbuhan bakteri Pseudomonas dan Bacillus yang diketahui menyebabkan penyakit dan diare.

Penelitian BioCote tidak menyebutkan berapa jumlah pasti dari bakteri yang ada di mesin ATM, tapi studi terdahulu dari University of California pernah mengungkapkan bahwa ada sekitar 50 bakteri per 0,1 meter kuadrat luas permukaan dudukan toilet. Bisa bayangkan ada berapa banyak totalnya? Hiiyy…

Sama dengan toilet umum, banyak orang berbeda yang menggunakan mesin ATM setiap harinya. Tangan-tangan yang belum tentu bersih atau bebas dari bakteri itulah yang digunakan memencet tombol mesin ATM.

Maka, tak heran jika mesin ATM menjadi sumber bakteri yang ternyata cukup banyak. Tombol angka di mesin ATM menempati posisi ke-10 sebagai fasilitas umum yang menjadi sumber bakteri.

Sumber bakteri tak hanya ditemukan di toilet

Toilet umum dianggap menjadi tempat paling kotor, tapi tak hanya itu. Sumber bakteri bisa Anda dapatkan dari tempat lain yang justru mungkin tidak Anda duga sama sekali.

Penelitian terhadap 3.000 orang dewasa juga mengungkapkan telepon umum dianggap sebagai risiko kesehatan terbesar.

Sementara toilet umum dianggap sebagai tempat paling kotor, tombol angka pada mesin ATM hanya menempati peringkat kesepuluh.

Ketakutan akan penyebaran bakteri membuat hampir seperempat orang dalam penelitian ini melabeli telepon umum sebagai hal yang sangat kotor dengan dengan lebih dari satu dalam sepuluh menyeka handset dan tombol ke bawah sebelum menggunakan salah satunya.

Toilet umum memiliki peringkat lebih tinggi daripada telepon umum, dengan hampir dua pertiga peserta menyebutnya sangat kotor atau cukup kotor. Posisi ketiga dalam penelitian ini adalah halte bus dan tempat yang dianggap kotor keempat adalah terminal bus.

Tempat duduk di bus menempati posisi kelima, dengan satu dari sepuluh orang mengakui bahwa sebelum duduk di kursi bus, mereka mencoba membersihkan atau menutupinya.

Kursi kereta berada di posisi keenam sebagai sumber bakteri yang ada di tempat umum. Sementara mesin uang berada di urutan ketujuh. Lebih dari 42 persen peserta peneltian menganggap mesin uang adalah tempat yang kotor dan menjadi sumber bakteri.

Tempat yang termasuk kotor lainnya adalah stasiun kereta yang berada dalam urutan kedelapan. Tiga puluh lima persen orang Inggris sangat khawatir menggunakan transportasi umum sehingga mereka berusaha sebisa mungkin untuk menghindari naik bus, kereta api atau transportasi umum lainnya.

The post Hiiiy… Ternyata Mesin ATM Sama Kotornya Dengan Toilet Umum! appeared first on Hello Sehat.

Original Article