Jangan Asal Pakai! Berikut Perbedaan Sabun Muka untuk Pria dan Wanita

SehatFresh.com – Pria memiliki jenis kulit yang berbeda dengan wanita. Stimulasi androgen atau hormon testosteron pada pria menyebabkan adanya peningkatan ketebalan kulit sebanyak 25 persen lebih tebal dibandingkan wanita. Selain itu, kulit pria juga lebih keras.

Perbedaan lain terdapat pada tingkat produksi minyak pada kulit wajah pria yang jumlahnya lebih banyak dibanding wanita. Setelah pubertas, produksi sebum atau minyak pada pria lebih banyak dari wanita, hal ini berkaitan erat dengan sekresi androgen pada tubuh pria. Lantas, apa perbedaan sabun muka pria dengan wanita? Berikut penjelasannya.

Sabun muka untuk pria

Seperti yang telah dijelaskan di atas, tekstur kulit pria lebih keras dari wanita sehingga kulit pria memiliki tingkat sensitivitas yang lebih sedikit. Oleh sebab itu, pria tidak menghabiskan banyak waktu untuk melakukan perawatan, terutama pada kulit wajah. Banyak produsen yang merancang sabun pembersih muka khusus untuk pria dengan memformulasikan produknya untuk penggunaan pada tubuh sekaligus kulit muka, sehingga pria tetap dapat melindungi wajahnya meski tanpa menggunakan sabun khusus untuk muka.

Namun, mencukur rambut di area wajah dengan silet secara teratur dapat mengelupas lapisan kulit paling atas dan bisa menyebabkan iritasi, sehingga pria juga perlu menggunakan sabun khusus untuk muka.

Sabun muka khusus pria memiliki beberapa manfaat yang berbeda dibandingkan dengan sabun wajah lainnya. Sabun muka untuk pria dapat membantu pria mencukur rambut di area kulit wajah. Beberapa produk ada yang mengandung exfoliant yang dapat membantu mengurangi terjadinya rambut tumbuh ke dalam, serta kandungan lidah buaya yang dapat melebatkan dan melembutkan rambut pada jenggot.

Selain kandungan komposisi yang dapat mencukupi pemeliharaan jenggot dan kekerasan kulit, sabun muka untuk pria juga mengandung bahan-bahan dasar yang sama seperti sabun muka pada umumnya (yang biasa digunakan wanita), mencakup senyawa sabun, surfaktan sintetis, dan asam lemak yang dapat membantu pelarutan pada saat terkena air. Produk sabun muka untuk pria biasanya menawarkan formulasi khusus digunakan pada kulit kering, minyak berlebih, atau sensitif, seperti pada produk sabun muka lainnya.

Sabun muka untuk wanita

Setelah membahas mengenai kandungan dan manfaat pada sabun muka pria yang memiliki komposisi berbeda dari sabun-sabun muka lainnya. Lantas, bagaimana dengan sabun muka wanita?

Sabun muka khusus wanita pada dasarnya merupakan sabun muka yang dijual secara umum karena dari awal sabun muka memang diciptakan untuk perawatan kulit wajah wanita. Sabun muka wanita mengandung unsur-unsur standar, seperti senyawa sabun, asam lemak, dan sufaktan sintetis.

Namun, karena pada kulit wanita memiliki sifat lebih rentan dibandingkan kulit pria, maka wanita harus menghindari penggunaan produk perawatan untuk pria, karena produk-produk tersebut dirancang khusus untuk kulit tebal dan berminyak, sehingga mungkin akan terlalu “keras” jika tetap dipakai pada wajah wanita dan bisa saja menyebabkan iritasi.

Selanjutnya, beberapa penelitian membuktikan bahwa wanita lebih cepat memiliki tanda-tanda penuaan, sehingga wanita harus lebih mempertimbangkan produk pembersih kulit mereka yang memiliki humektan yaitu zat yang berfungsi untuk menjaga kelembapan. Tingginya tingkat minat atau hasrat wanita terhadap perawatan kulit.

Original Article