Kandungan dan Manfaat Nutrisi pada Jamur

SehatFresh.com – Jamur merupakan makanan yang mudah kita temui, sebab banyak olahan makanan dari jamur seperti dibuat sop atau digoreng. Jamur dikenal sebagai makanan yang lezat. Selain rasanya yang lezat. Ternyata jamur juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Jamur enoki, jamur shintake, jamur maitake dan jamur tiram merupakan contoh beberapa jamur yang bermanfaat bagi kesehatan. Menurut penelitian jamur memiliki manfaat sebagai anti radang, anti bakteri, anti virus. Juga mengandung nutrisi yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh anda. Untuk lebih jelasnya, berikut kandungan dan manfaat nutrisi yang terdapat pada jamur yang isa anda dapatkan:

  1. Selenium dengan berbagai manfaat

Di dalam jamur terdapat zat bernama selenium. Selenium merupakan salah satu jenis mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Selenium dalam jamur memiliki banyak manfaat yaitu mampu mempengaruhi fungsi enzim hati, mendetoksifikasi zat-zat penyebab penyakit kanker, mencega peradangan, menurunkan tingkat pertumbuhan tumor dan dapat meningatkan sistem imunitas tubuh anda.

  1. Asam folat mencegah mutasi gen penyebab kanker

Jenis vitamin B yang terdapat pada jamur adalah asam folat. Asam folat pada jamur dapat memengaruhi dan memperbaiki proses sintesa DNA pada tubuh anda yang mana mampu mencegah mutasi gen yang dapat menyebabkan kanker.

  1. Kolin

Vitamin B selain asam folat pada jamur yaitu ada kolin. Kolin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan antara lain membantu memperbaiki gangguan tidur, gerakan otot serta kemampuan belajar dan daya ingat.

  1. Vitamin D mencegah pertumbuhan sel kanker

Vitamin D dalam jamur memiliki peran untuk mencegah pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Hal itu karena vitamin D pada jamur ini memiliki andil dalam pengaturan siklus pertumbuhan sel pada tubuh.

  1. Vitamin C untuk kesehatan jantung

Kandungan nutrisi vitamin C pada jamur akan membantu tubuh anda untuk menjaga kondisi kesehatan jantung dan pembuluh darah jantung dengan dibantu oleh serat dan kalium.

  1. Serat pangan baik untuk penderita diabetes

Serat pangan pada jamur bermanfaat bagi penderita diabates karena mampu menekan tingkat gula darah, lipid serta tingkat insulin. Tak hanya itu, serat pangan jamur juga baik bagi sistem pencernaan anda. Serat pangan pada jamur mampu mengurangi nafsu makan tapi membuat anda kenyang dalam waktu yang lama.

Itulah kandungan dan mafaat nutrisi pada jamur. Meskjamur memiliki berbagai manfaat, ada beberapa peneliti yang menyebutkan bahwa jamur memiliki kemungkinan dapat menyebabkan tumor. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya anda mengonsumsi jamur dalam jumlah yang normal jangan berlebihan sehingga manfaatnya yang anda dapatkan bukan risiko yang disebutkan yaitu risiko tumor. (DKA)

Original Article