Kapan Pertumbuhan Payudara Remaja Akan Berhenti?

SehatFresh.com – Salah satu ciri pubertas pada anak perempuan adalah berubahnya ukuran dan bentuk payudara. Payudara akan mengalami perubahan dalam tiga tahap, yaitu ketika pubertas, kehamilan dan menopause. Pertumbuhan payudara tersebut terjadi untuk mendukung fungsi payudara sebagai sumber produksi air susu ibu (ASI) nantinya.

Perkembangan payudara terjadi pertama kali saat anak memasuki masa pubertas. Pada saat itu, perubahan payudara menandakan kematangan seksual anak. Kemudian, payudara akan mengalami perkembangan lagi saat hamil yaitu saat tubuh mempersiapkan persediaan kelenjar susu untuk menyusui bayi.

Lalu, tahap perubahan payudara yang terakhir terjadi saat wanita mengalami menopause. Saat payudara tumbuh di usia remaja, tentu ukurannya tidak akan terus berkembang sampai masa kehamilan terjadi. Ada jeda waktu yang membuat payudara berhenti tumbuh.

Umumnya, seorang perempuan akan mengalami pertumbuhan jaringan payudara selama kurang lebih empat tahun dari masa periode yang pertama kali. Dan karena tidak ada dua orang yang sama, setiap perempuan masing-masing akan memiliki periode pertama dia di usia yang berbeda. Yaitu dengan mengukur ketika payudara seorang perempuan benar-benar akan mulai dan berhenti tumbuh.

Mulai dari awal pertumbuhan sampai akhir pubertas, seorang remaja akan melalui total lima tahap, karena tidak ada kata yang lebih baik, dalam pertumbuhan payudaranya. Pertama yaitu pada dasarnya di mana remaja mulai sebagai seorang anak sebelum pubertas. Hal ini kemudian diikuti oleh tahap di mana puting melembung dan daerah sekitar akan menjadi sedikit lembut untuk disentuh dan kadang-kadang bahkan menyakitkan.

Tahap ketiga biasanya disertai dengan periode pertama dan akan melihat pertumbuhan yang puncak dalam jaringan payudaranya. Tahap keempat umumnya akan mengantarkan bentuk dan kontur payudara, dan remaja jarang akan melihat peningkatan ukuran, meskipun beberapa perempuan akan mengalami sedikit pertumbuhan.

Tahap terakhir adalah ketika payudara berhenti untuk membesar, yang biasanya tepat di sekitar ulang tahunnya ke-17 atau 18. Meskipun beberapa ahli percaya bahwa payudara wanita akan mencapai ukuran akhir mereka setelah mereka sudah punya anak. Tapi karena tidak semua wanita memutuskan untuk memiliki anak, usia rata-rata seorang wanita akan mengalami berhentinya pertumbuhan adalah di akhir usia remaja.

Kondisi tubuh yang sehat memengaruhi pertumbuhan payudara pada remaja. Pada beberapa kasus, pertumbuhan payudara bisa menjadi lebih lambat. Maka dari itu, pola makan yang buruk akan menyebabkan pertumbuhan payudara tertunda. Jika Anda mengalami kekurangan vitamin dan nutrisi lainnya, hormon estrogen menjadi lebih sedikit diproduksi dan lebih lambat untuk dilepaskan dari ovarium.

Kondisi ini masih diatasi dengan mengonsumsi makanan pendukung pertumbuhan hormon estrogen. Selain nutrisi, riwayat keluarga juga memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan payudara. Jadi, bila ibu, tante atau saudara perempuan Anda memiliki ukuran payudara yang kecil, kemungkinan payudara Anda juga berukuran tak jauh beda. (KKM).

Original Article