Kenapa Orang Dengan Penyakit Hati Harus Menjalankan Diet Khusus

Diet hati merupakan diet yang dikhususkan bagi orang dengan penyakit hati seperti hepatitis dan sirosis untuk membantu mengelola kondisinya. Sebab, beberapa orang dengan penyakit hati mungkin tidak mendapatkan cukup nutrisi dan mengalami kesulitan untuk mengatur pola makannya. Nah, diet hati ini menyediakan jumlah kalori, nutrisi, dan cairan yang Anda perlukan untuk mengelola gejala penyakit hati agar tidak semakin memburuk.

Apa saja manfaat melakukan diet hati?

Salah satu cara paling efektif untuk membantu kesembuhan orang dengan penyakit hati adalah membuat perubahan besar pada pola makan. Perubahan pola makan ini nantinya akan memberikan pengaruh yang besar juga bagi orang yang memiliki penyakit hati. Berikut ini beberapa manfaat melakukan diet hati bagi orang yang memiliki penyakit hati:

  • Memperbaiki dan mempertahankan status gizi orang yang memiliki penyakit hati.
  • Membantu mengurangi kadar lemak di hati.
  • Membantu dalam peningkatan fungsi insulin.
  • Membantu menurunkan berat badan dengan lebih mudah.
  • Mencegah kerusakan jaringan hati lebih lanjut.
  • Menghindari komplikasi yang lebih serius.

Penyakit hati tidak dapat disembuhkan. Tapi, bukan berarti Anda tidak mengendalikan penyakit ini. Perawatan terhadap penyakit ini hanya mengutamakan pengendalian gejala yang ditimbulkan dan mengontrol perkembangan penyakit sehingga bisa mencegah terjadinya komplikasi yang lebih serius.

Itu sebabnya, orang dengan penyakit hati, terutama yang sudah kronis sangat disarankan untuk melakukan diet hati dan menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa hati Anda tidak bekerja terlalu keras untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dengan begitu, ini akan mencegah kerusakan jaringan hati lebih lanjut.

Tidak hanya untuk orang yang memiliki penyakit hati, pada dasarnya penerapan pola hidup sehat dengan mengontrol apa yang Anda konsumsi sehari-hari akan berdampak langsung pada fungsi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Ini adalah fakta yang harus diketahui semua orang.

Bagaimana cara melakukan diet hati?

Secara umum diet ini dilakukan dengan cara:

  • Mengurangi jumlah protein yang dimakan. Cara ini dilakukan untuk membantu membatasi penumpukan produk limbah beracun di hati. Tapi ingat, jangan membatasi protein terlalu banyak, karena bisa berakibat pada kekurangan asam amino tertentu yang dibutuhkan tubuh.
  • Meningkatkan asupan karbohidrat yang sebanding dengan jumlah protein yang dimakan. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks cenderung memiliki indeks glikemik rendah yang dicerna lebih lambat dan tidak menyebabkan lonjakan gula ke seluruh tubuh pasien. Sehingga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kolesterol darah pasien.
  • Membatasi asupan garam. Pasalnya, garam bisa memperburuk penumpukan cairan dan pembengkakan di hati.
  • Hindari lemak jahat. Penelitian telah menemukan bahwa konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat akan menyebabkan penyakit hati dengan luka pada jaringan.
  • Berhenti konsumsi alkohol. Alkohol adalah zat yang berbahaya dan hati Anda akan menggunakan banyak energi untuk mengeluarkan alkohol dari darah. Hal tersebut akan membuat hati bekerja lebih keras sehingga memungkinkan terjadinya kerusakan yang hati yang lebih parah.

Yang tertulis di atas adalah cara melakukan diet hati secara umum. Anda disarankan untuk berkosultasi terlebih dulu dengan dokter seputar jenis diet terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda akan mengetahui berapa jumlah nutrisi yang tepat, dan juga berapa banyak kalori yang Anda harus dapatkan setiap hari. Perubahan yang Anda akan buat ini bergantung pada seberapa baik hati Anda bekerja.

The post Kenapa Orang Dengan Penyakit Hati Harus Menjalankan Diet Khusus appeared first on Hello Sehat.

Original Article