Keuntungan yang Didapat Remaja Mengikuti Kegiatan Pramuka

SehatFresh.com – Menjadi seorang pelajar pasti akan sangat membosankan jika aktivitasnya hanya sekolah lalu pulang ke rumah. Hal itu akan membuat jenuh, agar tidak jenuh maka anda perlu mengikuti kegiatan dari sekolah atau di luar sekolah sehingga anda bisa menggunakan waktu luang tersebut ke hal yang bermanfaat.

Salah satu kegiatan tambahan yang bisa anda ikuti adalah ekstrakulikuler pramuka. Dan biasanya bagi pelajar, ektrakulikuler pramuka ini memang diwajibkan oleh pihak sekolah sehingga pasti anda melakukannya secara rutin satu minggu sekali.

Ekstrakulikuler pramuka yang diwajibkan kepada siswa ini ada pro kontranya bagi siswa itu sendiri. Bagi yang suka dengan tantangan pasti akan menyukai kegiatan pramuka dan ternyata juga banyak yang tidak senang dengan kegiatan pramuka.

Bagi anda yang tidak senang mengkuti kegiatan pramuka, anda sebaiknya coba pikir ulang kembali karena banyak sekali keuntungan yang anda dapatkan di kegiatan pramuka dan tidak didapatkan dari kegiatan lain. Keuntungan mengikuti kegiatan pramuka meliputi:

  1. Membentuk pribadi yang mandiri

Banyak sekali kegiatan di dalam pramuka yang dapat membentuk pribadi remaja menjadi orang yang mandiri. Salah satunya yaitu perkemahan. Saat mengikuti perkemahan anda pasti akan melakukan sesuatu sendiri, tidak seperti di rumah, semua hal di perkemahan seperti makanan, tenda dan lain sebagainya pasti anda dan teman-teman yang mempersiapkan sehingga pribadi yang mandiripun terbentuk.

  1. Lebih disiplin

Membentuk perilaku disiplin memang cukup sulit. Tapi dengan mengikuti pramuka, anda memiliki keuntungan untuk berlatih disiplin sebab biasanya semua kegiatan sudah ada jadwal yang diberikan panitia. Semuanya diatur agar kita berlatih tepat waktu, istirahat juga ada batasan waktunya dalam kegiatan pramuka.

  1. Berlatih kerjasama

Seringkali dalam kegiatan pramuka kita dibuat berkelompok dan menyelesaikan suatu masalah atau kegiatan secara bersama. Karena banyak anggota maka selain berlatih bekerja sama, anda juga berlatih menekan keegoisan anda dan menerima pemikiran bersama.

  1. Cinta terhadap alam

Pramuka indentik dengan hal yang berbau alam. Siswa diajak langsung untuk melihat, melakukan kegiatan dan merasakan alam secara nyata sehingga remaja yang mengikuti pramuka juga akan memiliki keuntungan untuk lebih cinta dan peduli dengan alam.

  1. Menjadi seseorang yang peduli

Dalam kegiatan pramuka kegiatan bersama juga akan membuat antar anggota menjadi saling peduli, karena dalam dasa dharma pramuka disebutkan untuk menyayangi antar manusia, sopan, rela menolong dan bersahaja. Selain peduli dengan teman, anda juga menjadi peduli dengan orang lain karena pramuka juga membagikan makanan dan lain-lain atau semacam bakti sosial kepada orang yang membutuhkan. (DKA)

Original Article