Konsumsi Brokoli untuk Cegah Kanker

SehatFresh.com – Penyakit kanker hingga kini masih menghantui semua orang. Baik dari anak-anak hingga dewasa. Sebab penyakit kanker bisa menyerang semua orang. Sehingga berbagai hal banyak dilakukan agar mampu terhindar dari penyakit yang cukup mengerikan ini.

Salah satu faktor yang cukup tinggi mempengaruhi terjadinya penyakit kanker adalah gaya hidup. Apalagi gaya hidup orang masa kini cenderung tidak baik, mulai dari makanan yang dikonsumsi yaitu lebih menyukai makanan yang instan hingga kebiasaan yang jarang atau tidak suka berolahraga. Padahal kedua contoh tersebut mampu membantu anda mencegah terkena kanker. Oleh karena itu, mulai sekarang perbaiki gaya hidup anda seperti memperbaiki konsumsi makanan anda.

Salah satu makanan yang bisa anda gunakan untuk mencegah kanker adalah brokoli. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of Nutritional Biochemistry membuktikan bahwa zat yang terdapat pada brokoli mampu untuk mencegah sel kanker untuk tumbuh dengan cepat. Lalu sebenarnya kandungan apa saja yang terdapat pada brokoli sehingga mampu mencegah kanker?. Berikut kandungan-kandungan tersebut:

  1. Brokoli mengandung sulforaphne

Dalam sebuah penelitian, seorang peneliti berhasil menemukan sebuah zat pada brokoli yang bernama sulforaphne. Zat tersebut mampu mencegah kanker serta menghambat pertumbuhan dan perkembangan kanker.

  1. Vitamin C yang tinggi

Brokoli juga termasuk sayuran dengan kandungan vitamin C tinggi yaitu setiap 100 gram brokoli mengandung 89,2 miligram vitamin C. Bahkan vitamin C pada brokoli melebihi vitamin C yang terdapat pada buah jeruk. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang baik untuk tubuh, sehingga rutin mengonsumsi brokoli akan mampu mencegah penyakit kanker karena vitamin C pada brokoli mampu membunuh sel kanker.

  1. Memiliki vitamin K

Jika anda sudah terserang penyakit kanker. Brokoli juga baik untuk dikonsumsi karena kandungan vitamin K yang dimilikinya. Pada saat menjalani terapi, penderita kanker mungkin saja memiliki luka pada bagian kulit yang sulit kering. Keberadaan vitamin K ini untuk membantu pembekuan darah pada saat jaringan tubuh terluka. Vitamin K juga mampu menghentikan perdarahan serta membantu kinerja obat anti kanker yang dikonsumsi oleh seseorang.

Itulah ulasan mengenai brokoli yang anda konsumsi dapat mencegah munculnya penyakit kanker. Untuk mendapatkan manfaat dari brokoli anda bisa memakan brokoli dengan porsi sebanyak dua setengah gelas atau sebanyak 250 gram per harinya. Dari satu gelas brokoli yang anda makan mengandung 25 kalori, 5 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. (DKA)

Original Article