Konsumsi Strawberry dapat Menetralkan Asam Urat

SehatFresh.com – Seseorang lebih menyukai pengobatan dengan bahan kimia dibandingkan dengan pengobatan tradisonal, padahal apabila obat tradisonal lebih aman dan lebih terjangkau kenap kita tidak untuk mencobanya. Indonesia kaya akan sumber daya alamnya. Salah sumber daya alam yang di hasilkan Bangsa Indonesia yaitu buah strawberry.

Strawberry merupakan buah yang sangat populer di dunia yang dikenal sebagain buah arbei, dengan warnanya yang merah, bentuk dan rasanya yang asam banyak disukai orang. Banyak manfaat dari buah kecut tersebut salah satunya menetralkan asam urat.

Asam urat diekskresi melalui ginjal sebagian besar dan sebagian kecil diekskresi melalui saluran cerna. Istilah asam urat dalam dunia medis disebut pirai gout atau arthritis pirai yang merupakan senyawa nitrogen yang dihasilkan dari pemecahan purin baik dari diet maupun dari asam nukleat endogen (asam deoksiribonukleat DNA).

Kandungan buah strawberry vitamin c, flavanoids dan phenolic acids, fisetin dan memiliki kandungan antioksida yang tinggi dibandingkan buah lainnya. Buah ini sangat rendah akan lemak jenuh, kolesterol dan sodium. Selain itu, buah strawberry sumber minerak potas, mangan dan iron dilengkapi dengan vitamin B1, B2, B3, B6, K, A dan E.

Buah strawberry salah satu obat tradisional yang digunakan untuk menetralkan asam urat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Resti Nugrahaeni pada tahun 2012 yang menyimpulkan secara empiris buah strawberry mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan yang berfungsi menghambat kerja enzim xanthin oksidase sehingga produksi asam urat berkurang. Hal tersebut menghasilkan efek yang sama dengan obat kimia Allopurinol.

Hasil uji kontrol allopurinol dengan perasan buah strawberry menunjukan perbedaan yang signifikan. Allopurinol menurunkan kadar asam urat 10 % sedangkan strawberry 20 %. Semakin tinggi perasan strawberry yang diberikan semakin berefek terhadap penurunan kadar asam urat. Kandungan flavonoid dalam buah strawberry menghambat kerja enzim xantin oksidase sehingga tidak terjadi perubahan hipoxantin menjadi xantin dan xantin menjadi asam urat yang di ekskresi lebih banyak dalam urine. Hal ini mengakibatkan menurunnya kadar asam urat dalam darah karena adanya proses ADME.

Beberapa khasiat buah strawberry untuk mengobati penyakit asam urat, antara lain :

  1. Hasil penelitian yang baru menunjukan bahwa kandungan vitamin C yang ada didalam buah strawberry yang mampu mencegah dan mengatasi masalah asam urat. Jus strawberry mengandung 900 mg vitamin C
  2. Buah strawberry memiliki kandungan senyawa anti-inflamasi. Dimana kandungan ini mampu mengatasi peradangan pada sendi akibat penumpukan kadar asam urat.

Komplikasi yang timbul dari penyakit asam urat diantaranya penyakit ginjal, jantung, dan diabeter millitus. Buah strawberry juga dapat mengatasi komplikasi yang terjadi dari penyakit asam urat. Selain kandungan flavonoid buah strawberry juga mengandung fenol, vitamin c, dan mangan yang dapat mengobati penyakit pencernaan, hipertensi, asma dan mengurangi inflamasi sel penyebab lain dari penyakit jantung (kardiovaskular).

Setiap orang biasa mengkonsumsi buah strawberry secara langsung. Untuk pemanfaatan dari buah strawberry mengatasi asam urat coba dibuat olehan dengan minuman segar berupa jus. (KMY)

Original Article