Mana Aktivitas Seks yang Bisa Bikin Hamil, dan Mana yang Tidak?

Bayak orang sampai saat ini masih menganggap bahwa semua jenis aktivitas yang berbau seksual pasti bisa bikin hamil. Nyatanya, tidak demikian. Aktivitas seksual tidak hanya terbatas pada penetrasi penis ke vagina saja. Ada yang menggolongkan bercumbu (making out), seks oral, atau petting (saling menggesekkan alat kelamin) sebagai aktivitas seks. Beberapa lainnya mungkin menganggap ciuman, kelonan, masturbasi, rimming (merangsang lubang anus dengan lidah), dan pemakaian sex toys (baik sendiri atau berbarengan) juga termasuk seks. Lantas dari semua jenis hubungan seks yang ada, mana yang bisa bikin hamil dan yang jelas-jelas tidak?

Hubungan seks yang bisa bikin hamil, apa saja?

1. Penetrasi penis ke vagina

gairah seksual rangsangan seksual

Masuknya penis ke dalam vagina bisa menyebabkan kehamilan ketika sel sperma pria berhasil dengan sel telur wanita di dalam rahim.

Setiap wanita berisiko hamil setelah berhubungan seks penetratif tanpa kondom. Tak peduli apakah itu adalah seks yang pertama kali atau ke-100 kalinya. Ini karena hanya butuh satu buah sel sperma sehat untuk bisa membuahi satu sel telur. Wanita bisa segera hamil ketika ia berhubungan seks di masa suburnya. (Untuk tahu kapan masa subur Anda, kunjungi Kalkulator Masa Subur HelloSehat atau klik tautan https://bit.ly/2w2LxNa).

Penetrasi penis ke vagina barulah tidak bisa bikin hamil apabila pria memakai kondom dan/atau wanitanya menggunakan KB saat berhubungan seks.

2. Seks anal

mencoba seks anal

Seks anal dilakukan dengan memasukkan penis ke anus (lubang pantat). Teorinya, seks anal tidak bisa bikin wanita hamil. Air mani memang masuk ke dalam anus, tapi tidak akan bisa mengalir ke rahim wanita untuk membuahi sel telur karena saluran anus tidak tersambung dengan organ reproduksi.

Namun demikian, hamil lewat seks anal bukan berarti mustahil. Wanita bisa saja hamil dari seks anal apabila cairan ejakulasi pria mengalir tumpah ke luar lubang dan menetes masuk ke dalam vagina. Pasalnya, jarak antara lubang anus dan lubang vagina sangat dekat. Meski begitu, risikonya amat sangat kecil.

3. Ejakulasi di luar

cairan praejakulasi sebabkan kehamilan

Banyak orang yang salah sangka bahwa ketika pria ejakulasi di luar dengan cara buru-buru menarik penis dari vagina sebelum klimaks, wanita tidak akan bisa bikin hamil. Ini keliru.

Meski belum sampai orgasme, penis bisa terus mengeluarkan cairan pra-ejakulasi selama pria masih terangsang. Cairan praejakulasi itu sendiri tidak mengandung sperma. Namun saat keluar dari penis, sedikit sisa sperma hidup dari ejakulasi sebelumnya yang menempel di saluran kemih (uretra) akan ikut tersapu keluar bersama air mani.

Terlebih, tidak ada satu pun pria di dunia ini yang bisa secara akurat memprediksi kapan ia akan benar-benar klimaks. Orgasme adalah insting bawah sadar tubuh yang tidak bisa dikendalikan. Bahkan ketika pria sudah sangat berhati-hati agar ejakulasi pasti terjadi di luar lubang vagina, masih ada kesempatan bagi air mani untuk menetes dan mengalir ke dalamnya jika penis masih berada dekat vagina.

Menurut Planned Parenthood, 4 dari 100 wanita bisa hamil dari partner pria yang ejakulasi di luar, baik saat penetrasi vagina atau lewat anus. Artinya, ada peluang sebesar 4% untuk Anda hamil dari metode ini. Ingat, hanya perlu satu buah sel sperma untuk membuahi sel telur.

Aktivitas seks ini pasti tidak bisa bikin hamil

1. Seks pakai sex toyscara pakai sex toys

Memasukkan sex toys jenis apa pun ke dalam vagina tentu tidak akan bisa bikin hamil asalkan tidak terkontaminasi oleh cairan sperma pria.

Di sisi lain, menggunakan mainan seks bergantian bisa meningkatkan risiko penularan penyakit kelamin.

2. Ciuman

ciuman bibir

Ciuman bibir tidak bisa bikin wanita hamil. Sama halnya ketika pria menggunakan bibir atau lidahnya untuk merangsang vagina wanita. Namun, ciuman bisa berisiko menularkan penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore, atau herpes.

3. Kelonan (cuddling)

manfaat kelonan cuddling

Kelonan dengan saling pegangan tangan, memeluk, merangkul, atau membelai lembut satu sama lain sering dianggap sebagai foreplay sebelum berlanjut ke hubungan seks yang sebenarnya. Kelonan itu sendiri tidak akan menyebabkan wanita hamil karena penis tidak sampai masuk ke vagina.

Meski begitu, cuddling mungkin saja meningkatkan risiko wanita hamil ketika kedua pasangan terlena oleh gairah dan akhirnya tanpa disadari terlanjur lanjut sampai penetrasi tanpa kondom.

4. Seks oral

melakukan seks oral

Seks oral menggunakan bibir atau lidah pria untuk merangsang vagina atau payudara tidak bisa bikin hamil. Jelas, karena hubungan seks jenis ini sama sekali tidak melibatkan masuknya penis.

Wanita yang merangsang penis pria dengan mulutnya, alias teknik blowjob, juga tidak akan bisa hamil. Sperma yang tertelan wanita tidak akan bisa menyebabkan kehamilan karena cairan tersebut akan berakhir di saluran pencernaan dan terbuang bersama sisa makanan lainnya lewat urin dan feses. Sistem pencernaan manusia tidak otomatis tersambung dengan sistem reproduksi.

5. Bercumbu (petting atau making out)

berapa kali seks untuk menurunkan berat badan

Making out alias bercumbu adalah istilah yang mencakup berbagai aktivitas seksual, termasuk memberikan atau menerima cupang, berciuman, hingga menyentuh, memijat, dan membelai area sensitif pasangan.

Bercumbu juga bisa melibatkan petting atau dry humping, yang biasanya dilakukan dengan saling menggesekkan alat kelaminnya baik saat masih berpakaian atau setelah melepas pakaian.

Jika Anda dan pasangan bercumbu mesra saat masih mengenakan pakaian, maka tidak ada risiko kehamilan. Sperma yang menembus pakaian tidak akan menyebabkan kehamilan. Begitu juga dengan cairan sperma yang menempel di kulit tubuh, selain dekat area lubang vagina.

Namun, risiko hamil saat bercumbu mungkin ada ketika kedua belah pihak dalam keadaan telanjang dan si pria berejakulasi dekat lubang vagina. Ini memungkinkan cairan sperma mengalir masuk vagina hingga ke dalam rahim untuk membuahi dengan sel telur. Risiko akan lebih besar lagi jika tangan yang digunakan untuk merangsang penis terbasahi oleh cairan praejakulasi dan kemudian langsung digunakan untuk merangsang vagina (fingering).

6. Masturbasi

suka masturbasi

Masturbasi adalah jenis hubungan seks yang dilakukan sendirian. Bisa dengan tangan atau dengan bantuan mainan seks. Masturbasi tidak akan bikin wanita hamil karena tidak melibatkan penetrasi penis dan ejakulasi air mani ke dalam vagina.

Ketika pasangan sama-sama masturbasi di saat berbarengan, ini juga tidak akan bisa bikin pasangan wanitanya hamil. Pasalnya, penis aka berada jauh dari lubang vagina.

Risiko hamil dari masturbasi bareng baru akan muncul ketika ejakulasi terjadi dekat lubang vagina, atau ketika tangan pria yang masih basah oleh cairan praejakulasi setelah digunakan untuk merangsang penisnya langsung digunakan untuk merangsang vagina wanita.

The post Mana Aktivitas Seks yang Bisa Bikin Hamil, dan Mana yang Tidak? appeared first on Hello Sehat.

Original Article