Manfaat Coklat untuk Ibu Hamil

SehatFresh.com – Coklat? siapa yang tidak suka dengan coklat ? rasanya yang manis, lezat dan lelehan di lidah membuat pecinta coklat merasa lebih menikmati saat memakannya. Coklat tidak hanya terkenal dengan kelezatannya lohhhh tapi coklat juga bisa membuat mood lebih baik dan bahagia pada saat memakannya. Buat yang lagi galau coba dehhhh makan coklat biar rasa galaunya pergi jauh-jauh.

Hampir setiap orang menyukai coklat. Namun bagaimana dengan wanita yang sedang hamil ? bolehkan wanita hamil memakan makanan lezat tersebut ? wanita hamil tidak ada larangan untuk mengkonsumsi makanan apapun hanya saja seperti halnya kopi dan teh, coklat juga mengandung kafei didalamnya. Jadi ibu hamil boleh-boleh saja memakan coklat akan tetapi tidak berlebihan.

Tak di sangka dan di duga ternyata mengkonsumsi coklat pada saat hamil memiliki manfaat untuk ibu dan janin. Berikut ini beberapa manfaat coklat untuk ibu hamil antara lain :

  1. Kaya antioksidan

Coklat mengandung flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan alami. Antioksidan tersebut berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Selain itu antioksidan tersebut bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.

  1. Menstabilkan tekanan darah

Kandungan theobromine dalam coklat dapat menstabilkan tekanan darah sehingga mencegah terjadinya hipertensi pada kehamilan.

  1. Sumber mineral

Sumber miniral dalam coklat yaitu magnesium dan zat besi. Sumber miniral tersebut sangat dibutuhkan pada masa kehamilan untuk pembentukan hemoglobin dan proses metabolisme asam lemak. Sehingga mencegah terjadinya anemia.

  1. Mencegah preeklamsi

Kandungan theobromine yang dapat menstabilkan tekanan darah tentunya hal ini dapat mencegah terjadinya preeklamsi. Preeklamsi merupakan suatu kondisi yang terjadi pada kehamilan di tandai dengan tekanan darah 140/90 mmHg yang disertai dengan urine protein. Komplikasi preeklamsi dapat menimbulkan bayi prematur (BBLR), fungsi hati dan ginjal, dan apabila berkelanjutan bisa mengarah pada eklamsi.

  1. Memberikan efek bayi lebih bahagia

Tim riset dari majalah kesehatan di Finlandia meneliti bahwa mengkonsumsi coklat beberapa gram dalam beberapa hari akan menurunkan resiko stres pada ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

  1. Meningkatkan respon bayi

Kandungan phenythylamin yang terdapat didalam coklat memberikan efek tenang kepada bayi. Sehingga hal ini memberikan respon baik pada bayi saat sudah lahir atau dalam masa pertumbuhan.

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Kandungan antioksidan di dalam coklat tidak hanya baik untuk mencegah sel kanker akan tetapi mencegah terjadinya penyakit jantung pada ibu dan bayi.

  1. Mempenngaruhi suasana hati ibu

Perubahan hormon dan rasa lelah yang terjadi pada ibu hamil mengakibatkan suasana hati seorang ibu hamil berubah-ubah. Mengkonsumsi coklat memberikan efek suasana hati ibu menjadi tenang dan hal ini tentunya menjadi penawar suasana hati ibu hamil yang selalu berubah-ubah.

Manfaat dari mengkonsumsi coklat telah diuraikan diatas, perlu anda perhatikan sama halnya kopi dan teh coklat mengandung kafein. Untuk itu memilih coklat untuk di konsumsi ibu hamil perlu diperhatikan. Pilihlah coklat berwarna gelap, memilih coklat rendah lemak dan gula, dan hindari coklat olahan.

Pada masa kehamilan batasi mengkonsumsi coklat yang berlebih. Kandungan lemak dan gula akan beresiko terjadinya obesitas. Selain itu kandungan kafein dalam coklat akan di serap janin melalui plasenta sehingga akan terjadi komplikasi pada persalinan yang akan mengakibatkan persalinan abnormal dan kecacatan pada janin. (KMY)

Original Article