Memilih Sepatu Futsal yang Bagus Bisa Jadi Kunci Sukses di Lapangan

Bagi Anda yang hobi main futsal, tentu akan memilih sepatu terbaik untuk digunakan demi meningkatkan performa di lapangan. Memilih sepatu futsal yang salah diibaratkan salah memilih senjata. Akibatnya kalah dalam medan perang. Kualitas sepatu harusnya jadi nomor satu, sehingga Anda mungkin memilih sepatu dengan merek terkenal ataupun yang biasa dipakai pemain futsal jagoan Anda.

Namun, apakah sepatu tersebut baik bagi kesehatan kaki Anda? Berikut ini cara memilih sepatu futsal yang bagus untuk kesehatan sekaligus bisa meningkatkan performa Anda saat berlaga di lapangan.

1. Selalu mulai dari jenis telapak kaki anda

Jenis sepatu yang sesuai dengan jenis telapak kaki Anda bisa menambah kekuatan tendangan dan kecepatan lari Anda. Selain itu, sepatu yang pas di telapak kaki juga terasa nyaman dan baik untuk kesehatan telapak kaki Anda.

Ada tiga jenis telapak kaki berdasarkan pijakannya. Cara mengetahuinya adalah dengan menapakkan kaki yang basah ke atas permukaan kertas. Perhatikan jejak kaki Anda.

Jika telapak kaki anda normal, biasanya beban tubuh akan bertumpu pada bagian tengah kaki. Hal ini bisa dilihat dari bagian kertas yang paling basah. Nah, sepatu yang lentur akan membuat pergerakan kaki lebih mudah untuk dilakukan.

Bagi Anda yang memiliki telapak kaki yang rata atau overpronation, beban tubuh lebih bertumpu pada bagian dalam kaki. Orang dengan jenis kaki ini bisa jadi sering merasa pegal. Untuk menguranginya, pakailah sepatu dengan bantalan di bagian tengah sepatu.

Sedangkan bagi Anda dengan telapak kaki supination, bagian tubuh biasanya bertumpu pada bagian luar kaki. Sepatu yang baik adalah sepatu yang memiliki bantalan atau sol yang tebal di bagian belakang dan depan kaki. Ini supaya tumpuan kaki menjadi seimbang.

2. Memilih sepatu futsal dengan panjang dan lebar yang pas

Sepatu futsal berukuran sama seperti sepatu pada umumnya. Namun, bentuk sepatu futsal biasanya lebih ramping dan cenderung ngepas karena ujung depan kaki lebih lancip. Ini dirancang agar Anda lebih mudah mengontrol bola. Baik ketika menendang serta menggiring bola.

Cara paling mudah untuk memilih sepatu futsal yang paling pas adalah mencoba satu per satu sepatu yang akan Anda beli. Pilih panjang sepatu yang paling pas dengan ukuran kaki Anda, namun tidak sampai menyentuh ujung kaki Anda. Ini untuk mencegah cedera pada jari kaki Anda. Jarak yang sesuai antara ujung kaki dan sepatu biasanya sekitar setengah sentimeter.

Lebar sepatu juga penting. Tentu Anda tidak mau sepatu Anda terlalu longgar sehingga kaki jadi bergeser-geser di dalam sepatu. Sepatu terlalu sempit juga akan membuat kaki Anda sakit.

Untuk yang punya kaki lebih ramping, sepatu jenis Slim-Fit akan membuat Anda sangat nyaman. Jika kaki Anda termasuk lebar, pilihlah sepatu dengan jenis Wide-Fit. Jika ada, pilihlah sepatu dengan bahan kulit kangguru sehingga bisa memelar maksimal.

3. Perhatikan bahan sepatu futsal Anda

Sepatu futsal bisa memiliki bahan karbon, sintesis, atau kulit. Anda sebaiknya memilih sepatu futsal dengan bahan yang ringan.

Pada bagian upper atau punggung atas sepatu, bahan kulit (leather) adalah yang terbaik karena bisa mengikuti lekuk kaki Anda dan tidak kaku layaknya bahan sintesis.

Pada bagian sol sepatu, pilihlah bahan yang empuk dengan dasar sepatu yang agak kasar. Anda pun akan tetap nyaman dan tidak tergelincir saat bermain. Jika memungkinkan, pilihlah sol sepatu yang bisa menyerap keringat Anda. Pasalnya, kaki yang berkeringat adalah tempat yang nyaman bagi bakteri.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui cara memilih sepatu futsal yang baik, aman, dan nyaman. Apakah Anda sudah siap untuk beraksi di lapangan?

The post Memilih Sepatu Futsal yang Bagus Bisa Jadi Kunci Sukses di Lapangan appeared first on Hello Sehat.

Original Article

Add Comment