Mengenal Manfaat Kolostrum atau Air Susu Ibu yang Pertama Kali Keluar

SehatFresh.com – Air susu ibu merupakan makanan yang paling tepat bagi bayi karena mudah diproses oleh sistem pencernaannya yang belum sempurna dapat mengolah makanan yang padat. Ada air susu ibu yang dikenal sebagai nutrisi paling lengkap bagi bayi yaitu kolostrum.

Kolostrum adalah air susu yang pertama kali dikeluarkan oleh ibu setelah melahirkan. Keluarnya kolostrum bertahan selama dua hari sampai empat hari setelah melahirkan. Kolostrum memiliki ciri khas cair dengan sedikit kental dan berwarna kekuningan yang berbeda dari air susu ibu biasanya yaitu lebih putih dan cair.

Pada saat ibu mengeluarkan kolostrum, rata-rata kolostrum yang bisa keluar yaitu 50 ml. Jika kolostrum sudah habis dan berganti menjadi ASI yang sebenarnya maka produksi ASI ibu akan perlahan menjadi banyak disesuaikan dengan kebutuhan bayi anda.

Kolostrum dikenal sebagai nutrisi paling lengkap bagi bayi karena kandungannya, bayi anda bisa mendapatkan semua nutrisi hanya dengan mengonsumsi satu asupan yaitu kolostrum ini. Kandungan nutrisi yang terdapat pada kolostrum antara lain karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral yang bermanfaat bagi bayi anda.

Dari kandungan nutrisi kolostrum tersebut, bayi anda juga bisa mendapatkan manfaat lain dari kolostrum yang dapat menjaga kesehatannya. Manfaat tersebut antara lain:

  • Baik untuk imunitas bayi

Kolostrum menagandung imunoglobin yang mampu menjaga imunitas bayi anda agar terhindar dari penyakit. Imunoglobin pada kolostrum berfungsi sebagai anti bakteri, anti virus, anti jamur dan anti racun yang tentunya bermanfaat melindungi tubuh bayi.

  • Mencegah gangguan sistem pencernaan

Sistem pencernaan bayi yang belum terbentuk sempurna akan rentan mengalami gangguan. Tapi dengan kandungan nutrisi pada kolostrum seperti enzim protease, lipase, dan amilase dapat melindungi sistem pencernaan bayi anda tetap sehat karena kolostrum mudah dicerna sehingga gangguan sistem pencernaan contohnya diare tidak akan menyerang bayi anda.

  • Mengurangi hiperbilirubin

Hiperbilirubin adalah kondisi dimana tubuh bayi kelebihan birilubin. Dampaknya bayi anda berwarna kuning atau sering disebut dengan bayi kuning. Namun, kolostrum yang bayi anda konsumsi sejak pertama dia dilahirkan dapat membantu bayi anda terhindar dari hiperbilirubin karena kolostrum mampu mencegahnya dengan merangsang gerakan usus sehingga mekonium dapat dikeluarkan dari usus secara cepat.

  • Bayi anda terhindar dari alergi

Memiliki tubuh yang masih sensitif juga memudahkan bayi untuk mengalami alergi. Oleh karena itu akan sangat bagus jika bayi minum kolostrum karena akan terlindungi dari alergi. Kolostrum memiliki kemampuan untuk melawan zat pencetus alergi. Sehingga bayi anda akan terhindar dari alergi. (DKA)

Original Article