Mengupas 7 Manfaat Melon Jingga (Cantaloupe) untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan buah melon. Buah yang manis dan menyegarkan ini ternyata ada banyak jenis yang tak kalah enak. Melon jingga atau cantaloupe adalah salah satu jenis buah yang tak hanya enak, tapi juga kaya akan nutrisi dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Manfaat melon jingga yang bisa Anda dapatkan bermacam-macam, lebih jelasnya simak di bawah ini!

Berbagai manfaat melon jingga untuk kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah

hipertensi maligna

Manfaat melon jingga yang pertama ialah menurunkan tekanan darah. Kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin di dalam melon jingga membantu menjaga kesehatan jantung. Makanan tinggi kalium yang satu ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dengan begitu, Anda terhindari dari risiko stroke.

Selain itu, asupan kalium yang mencukupi juga membantu menjauhkan Anda dari hilangnya massa otot serta mencegah pembentukan batu ginjal.

2. Menjaga kesehatan mata

perawatan mata setelah lasik

Dikutip dari Live Science, Harvard T.H. Chan School of Public Health menyatakan bahwa melon jingga termasuk salah satu buah yang kaya akan vitamin A sehingga sangat baik untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang tinggi membantu mengurangi risiko katarak yang menjadi masalah kesehatan mata umum seiring dengan pertambahan usia.

Tak hanya itu, zeaxanthin, yaitu antioksidan yang ditemukan dalam melon jingga juga bermanfaat untuk menyaring cahaya biru yang berbahaya untuk mata dan menangkal kerusakan akibat degenerasi makula di usia senja.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

enzim pada pencernaan

Pencernaan yang baik dapat menunjang kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi berbagai makanan yang membantu kesehatan pencernaan. Melon jingga adalah salah satu buah yang kaya akan serat dan juga air sehingga dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan Anda.

Makan atau minum jus cantaloupe membantu mencegah sembelit, melancarkan sistem pencernaan, dan membersihkan usus dengan membuang racun di dalam tubuh. Melon jingga juga mudah dicerna dan bebas dari FODMAP, yakni gula dalam jenis makanan tertentu yang dapat menyebabkan gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome) pada sebagian orang.

4. Mengurangi peradangan

peradangan adalah mekanisme pertahanan tubuh

Salah satu kandungan nutrisi di dalam melon jingga adalah kolin. Kolin telah terbukti mampu menurunkan kadar peradangan di dalam tubuh. Bahkan, senyawa satu ini mampu mengurangi peradangan kronis akibat penyakit tertentu, misalnya rematik.

Selain itu, kolin juga bermanfaat untuk membantu mengendalikan gerakan otot, merangsang memori, membantu penyerapan lemak, dan membantu meneruskan rangsangan saraf. Melon jingga juga mengandung cucurbitacin B dan cucurbitacin E. Keduanya merupakan senyawa antiradang yang efektif mengurangi rasa sakit dan gejala akibat penyakit peradangan.

5. Menurunkan risiko kanker

asal usul kanker

Melon jingga mengandung beta-karoten yang sangat tinggi. Dikutip dari Healthline, penelitian membuktikan bahwa kandungan betakaroten di dalam melon jingga lebih tinggi dibandingkan dengan aprikot, jeruk, dan juga mangga. Kandungannya bahkan setara dengan wortel.

Penelitian yang dilakukan di Fakultas Gizi Harvard School of Public Health membuktikan bahwa beta-karoten berperan untuk melawan kanker prostat. Bahkan, mengonsumsi beta-karoten juga membantu menekan risiko kanker usus besar.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

buah melon jingga cantaloupe
Sumber: Delish.com

Sistem kekebalan tubuh (imun) yang sehat diperlukan agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, salah satunya mengonsumsi makanan sehat. Melon jingga termasuk dalam makanan sehat yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun. Beta-karoten, vitamin A, dan vitamin C dalam melon jingga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

Dikutip dari Dr. Axe, penelitian membuktikan bahwa beta-karoten membantu meningkatkan fungsi sel imun. Sedangkan vitamin A dan vitamin C dapat berfungi sebagai antioksidan dalam tubuh yang berperan untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Oleh sebab itu, mengonsumsi melon jingga tak hanya mampu mengatasi penyakit umum seperti flu dan pilek saja tetapi juga menangkal berbagai kondisi kesehatan yang serius seperti kanker.

7. Merawat kulit dan rambut

suplemen untuk kulit dan rambut

Kandungan berbagai nutrisi di dalam melon jingga seperti vitamin A, vitamin C, dan juga air membantu merawat kesehatan kulit dan rambut Anda. Vitamin A dibutuhkan untuk produksi sebum (minyak alami) yang membantu melembapkan rambut. Selain itu, vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan di tubuh, termasuk kulit dan juga rambut.

Sementara itu, vitamin C di dalam melon jingga bermanfaat untuk memproduksi dan mempertahankan kolagen untuk melawan efek penuaan pada kulit dan juga rambut. Sementara kandungan air yang sangat tinggi pada melon jingga membantu menghidrasi tubuh termasuk kulit dan rambut agar terhindar dari kekeringan.

Bahkan, melon jingga bisa dioleskan langsung ke rambut sebagai kondisioner dengan mencampurkannya bersama alpukat yang telah dihaluskan. Banyak sekali manfaat melon jingga buat kesehatan, bukan? Yuk, mulai coba buah yang satu ini untuk variasi melon hijau biasa!

The post Mengupas 7 Manfaat Melon Jingga (Cantaloupe) untuk Kesehatan appeared first on Hello Sehat.

Original Article