Meraup Manfaat Quinoa, Pengganti Nasi yang Aman untuk Diabetes

Pasien diabetes (diabetesi) harus benar-benar menjaga pola makan supaya gula darahnya tetap normal. Tak perlu bingung bila dokter meminta Anda untuk mengurangi makan nasi. Pasalnya, Anda dapat beralih ke quinoa, salah satu makanan terbaik bagi pasien diabetes yang sehat dan mengenyangkan. Memangnya apa saja manfaat quinoa untuk diabetesi?

Sekilas tentang quinoa

Sekarang ini, quinoa sangat populer untuk dijadikan makanan pokok pengganti nasi. Pasalnya, quinoa disinyalir memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi orang dengan diabetes.

Sebetulnya, quinoa bukan termasuk golongan biji-bijian, tapi lebih kepada pseudo-cereal, yaitu tanaman yang diolah dan dikonsumsi sebagai sereal dan biji-bijian. Namun, jika dilihat kandungan gizinya, quinoa tetap dianggap sebagai gandum utuh yang dapat digunakan sebagai alternatif makanan pokok lainnya, baik nasi putih, roti, atau pasta.

Dibandingkan jenis biji-bijian lainnya, quinoa mengandung lebih banyak protein, antioksidan, mineral, dan serat. Quinoa juga bebas dari gluten alias gluten free, sehingga sangat aman untuk Anda yang memiliki alergi gluten dari gandum atau penyakit Celiac.

Manfaat quinoa dalam mengendalikan gula darah

Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi adalah musuh terbesar bagi para diabetesi. Semakin tinggi indeks glikemik pada makanan, maka semakin cepat pula makanan dicerna dan mempercepat kenaikan gula darah. Gejala diabetes Anda pun jadi semakin parah.

Makan quinoa bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu mengendalikan gula darah, khususnya pada orang yang terkena diabetes. Ini karena quinoa memiliki indeks glikemik sebesar 53, artinya cukup rendah dibandingkan makanan pokok lainnya sehingga tidak akan membuat gula darah cepat naik.

Anda pun tak perlu cemas dengan kandungan karbohidratnya. Setiap 100 gram quinoa matang mengandung sekitar 21,3 gram karbohidrat. Sementara pada takaran yang sama, nasi putih mengandung sekitar 28,73 gram karbohidrat, lebih tinggi daripada quinoa. Terlebih lagi, lagi nasi putih termasuk makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi sehingga pengaruhnya terhadap kenaikan kadar gula darah sangat cepat.

Manfaat quinoa ternyata tidak berhenti sampai di situ, lho. Dikutip dari Healthline, makanan sehat ini juga mengandung semua jenis asam amino esensial. Hal ini membuat quinoa semakin padat gizi karena kandungan proteinnya sangat lengkap dibandingkan biji-bijian lainnya.

Kandungan serat tinggi pada quinoa dapat memperlambat proses pencernaan makanan dalam tubuh. Tak hanya membuat Anda jadi cepat kenyang, hal ini juga dapat membuat gula darah Anda jadi lebih mudah dikendalikan.

Panduan aman makan quinoa bagi penderita diabetes

resep quinoa

Setelah mengetahui manfaat quinoa untuk penderita diabetes, Anda sudah tak perlu ragu lagi untuk mengganti nasi putih dengan quinoa. Anda pun tak perlu cemas akan cepat lapar, karena justru quinoa membuat Anda jadi lebih cepat kenyang.

Untuk menyajikan satu porsi quinoa sebagai menu sarapan sehat, Anda hanya membutuhkan sepertiga cangkir atau sekitar 76 gram quinoa matang. Setiap porsi quinoa ini mengandung 15 gram karbohidrat yang aman untuk gula darah Anda.

Cara pembuatannya pun sama seperti saat Anda menanak nasi. Cukup campurkan 1 gelas quinoa dengan 2 gelas air, lalu rebus selama 10 sampai 15 menit sampai quinoanya mengembang. Tanda quinoa yang matang adalah saat kulit quinoa mulai terlepas dari butirnya.

Supaya rasanya lebih sehat dan menggugah selera, tambahkan buah-buahan, sayuran, atau kacang-kacangan ke dalam semangkuk quinoa. Bila Anda masih bingung harus seberapa banyak makan quinoa dalam sehari, mintalah bantuan ahli gizi untuk menakarnya.

The post Meraup Manfaat Quinoa, Pengganti Nasi yang Aman untuk Diabetes appeared first on Hello Sehat.

Original Article