Metode Perawatan Bayi Kanguru pada Bayi Prematur

SehatFresh.com – Prematur suatu istilah lain dari BBLR (Berat Badan Lahir Rendah) yaitu bayi dengan berat lahir kurang dari 2500 gram tanpa memandang usia gestasi. BBLR atau prematur dapat terjadi pada bayi kurang bulan (< 37 minggu) atau pada bayi cukup bulan (intrauterine growth restriction).

Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya bayi prematur atau BBLR diantaranya faktor ekonomi keluarga, ibu yang menyalahgunakan obat, pemabuk, dan perokok. Selain itu faktor penyakit seperti riwayat penyakit yang menyertai kehamilan seperti penyakit TROCH, jantung, hipertensi dan komplikasi selama kehamilan seperti preeklamsia, anemia, perdarahan antepartum.

Penatalaksanaan yang dilakuka pada bayi prematur diantaranya pencegahan infeksi karena bayi prematur sangat rentan tertular, pemberian ASI secara on demand, dan kondisikan bayi dalam suhu hangat biasanya bayi di masukan ke dalam inkubator agar suhu bayi tetap hangat. Selain itu penatakalaksanaan bayi prematur dilakukanngan KMC (Kangguru Mother Care).

KMC atau metode kanguru ini merupakan suatu metode yang dilakukan pada bayi BBLR atau prematur dengan cara menyalurkan suhu tubuh bayi kepada bayi dengan kontak langsung antara tubuh atau skin to skin.

Keuntungan dari metode kanguru ini meningkatkan bounding attachment antara ibu dan bayi. Selain itu metode kanguru memiliki manfaat lain untuk bayi prematur diantaranya sebagai berikut :

  1. Meningkatkan suhu tubuh
  2. Kenaikan berat badan yang lebih cepat
  3. Bayi tidur lebih nyenyak
  4. Sistem pernafasan dan jantung lebih sehat
  5. Bayi lebih banyak menyusui
  6. Daya tahan tubuh yang lebih baik
  7. Lebih tahan terhadap sakit

Langkah-langkah melakukan metode kangguru antara lain :

  1. Lepaskan pakaian bayi, bayi hanya menggunakan popok atau pempers.
  2. Letakan bayi diantara payudara ibu hingga dada ibu dan dada bayi menempel dalam posisi tegak.
  3. Kepala bayi diletakan ke samping mengarah salah satu payudara ibu dengan posisi sedikit menengadah agar jalan nafas bayi tidak terhambat.
  4. Posisikan panggul dan kaki bayi seperti katak.
  5. Ikat bayi dengan kencang terkecuali bagian perut bayi agar bayi dapat bernafas dengan lega.
  6. Tatap mata bayi dan dekap bayi untuk meningkatkan bounding attachment.
  7. Lakukan metode kangguru ini selama 60 menit. Sebaiknya jangan lakukan metode kangguru ini < 60 menit karena akan memicu stress pada bayi.

Untuk hasil yang maksimal metode kangguru sebaiknya dilakukan secara rutin dan terus menerus pagi dan sore. Metode kangguru dapat meningkatkan berat badan bayi mencapai 72%. Dimana hal ini didukung apabila bayi lapar bayi bisa langsung menyusu.

Pada kenyataannya bayi prematur dirawat diruang khusus sehigga untuk melakukan metode kangguru tidak semua ibu bisa mempraktikannya dengan efektif karena tidak bisa setiap saat ibu bisa mengunjungi bayinya di tempat perawatan. (KMY)

Original Article