Orgasme saat Tidur Emisi Nokturnal atau Mimpi Basah

SehatFresh.com – Orgasme adalah hal yang diinginkan oleh hampir setiap pasangan suami istri saat berhubungan intim. Tidak heran, memang, karena orgasme dapat menimbulkan sensasi kenikmatan luar biasa bagi yang mengalaminya. Tapi, apakah orgasme hanya selalu didapatkan saat berhubungan intim?

Jawabannya, tidak juga. Orgasme juga bisa muncul saat tidur lho. Dalam bahasa medis, orgasme yang terjadi selama tidur malam disebut emisi nokturnal atau yang dalam bahasa awamnya dikenal dengan mimpi basah. Orgasme saat tidur alias mimpi basah selalu dikaitkan dengan masa puber. Namun, orang dewasa juga masih bisa mengalaminya.

Baik pria dan wanita, yang masih lajang maupun sudah menikah, sama-sama bisa mengalami orgasme saat tidur. Ya, wanita pun bisa mimpi basah. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar wanita mengalami orgasme saat tidur pertama kali sebelum memasuki usia 21 tahun. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sex Research, 37% wanita di usia kuliah melaporkan pernah mengalami setidaknya satu kali orgasme selama tidur.

Orgasme saat tidur pada pria ditandai dengan seprai dan pakaian dalam yang basah karena ejakulasi air mani, sedangkan orgasme wanita tidak selalu sampai mengeluarkan cairan vagina. Menurut International Society for Sexual Medicine, wanita yang pernah terbangun dan mencapai orgasme biasanya akan mengalami lagi hal tersebut sebanyak tiga sampai empat kali dalam setahun.

Seperti halnya mimpi Anda yang lain, mimpi basah tidak disadari ataupun direncanakan oleh si empunya tubuh. Mimpi yang bersifat erotis atau mengandung unsur seksual juga tidak bisa Anda kendalikan atau cegah sebelumnya.

Pada siklus Rapid Eye Movement (REM), tahapan di mana Anda mulai bermimpi, aliran darah ke vagina bertambah, tubuh menjadi lebih rileks, dan napas pun mulai berat. Dr. Rajan Bhonsale dari Heart to Heart Counseling menjelaskan, “Apa yang Anda rasakan saat tidur memang orgasme sebenarnya. Hal ini membingungkan karena Anda merasakannya tanpa stimulasi fisik”.

Mereka yang beruntung bisa mencapai klimaks saat tidur menjelaskan kenapa mereka menanti-nanti kesempatan selanjutnya untuk bisa orgasme malam. “Banyak wanita mengaku orgasme malam mereka lebih memuaskan dan nikmat dibanding orgasme sebenarnya,” ujar Dr. Bhonsale.

Orgasme saat tidur adalah fenomena wajar. Ahli psikologi dan kesehatan seksual dr. Petra Boynton menegaskan, mimpi basah adalah bagian dari fungsi seksual yang normal.

Namun jika sampai mimpi basah setiap hari, Anda perlu berkonsultasi ke dokter. Walaupun tidak ada batasan minimal dan maksimal dari mimpi basah itu sendiri, mimpi basah setiap hari tentu akan sangat mengganggu. Terlebih jika hal ini terus terjadi di usia dewasa yang seharusnya sudah tak lagi sering mimpi basah. (SBA)

Original Article