Panduan Melakukan Manuver Epley untuk Mengatasi Gejala Vertigo

Penyakit vertigo dapat seketika terasa melumpuhkan dan membuat Anda tak berdaya. Vertigo sering digambarkan sebagai sensasi berputar dan melayang. Anda akan merasa tubuh sendiri atau dunia sekitar Anda berputar-putar acak tak beraturan ketika vertigo menyerang tiba-tiba. Sensasi ini dapat menyebabkan pusing luar biasa, telinga berdenging, hingga mual dan muntah hebat. Gejala vertigo dapat segera diatasi dengan meminum obat khusus vertigo. Namun Anda juga harus menguasai teknik khusus untuk menghadapi vertigo, bila suatu saat nanti Anda lupa membawa obat atau obat tak dapat dijangkau begitu penyakitnya terlanjur kambuh. Salah satu manuver yang efektif mengatasi penyakit vertigo adalah manuver Epley.

Apa itu manuver Epley?

Manuver Epley adalah sebuah set gerakan untuk mengatasi gejala penyakit vertigo jenis Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV).

Vertigo jenis BPPV terjadi ketika posisi kepala berubah, sehingga mengocok-ngocok cairan kristal khusus yang disebut kanalit di dalam kanal telinga dalam, yang bertugas membantu Anda menjaga keseimbangan. Ketika Anda mengubah posisi dengan cepat (misalnya berbaring ke duduk), maka kristal dalam telinga ini jadi berubah posisi, sehingga menimbulkan sensasi pusing berputar yang disebut vertigo. BPPV adalah jenis vertigo yang cukup banyak ditemui. Sekitar 17 persen dari total kasus penyakit vertigo disebabkan oleh BPPV.

Manuver ini didesain untuk memperbaiki posisi kepala mengikuti gaya gravitasi sehingga gejala vertigo dapat mereda dengan sendirinya, tanpa konsumsi obat. Posisi tersebut dapat menyeimbangkan keadaan cairan dalam telinga kembali normal. Manuver Epley efektif menyembuhkan lebih dari 90% kasus penyakit vertigo akibat BPPV. Penelitian menunjukkan tidak ada efek samping dari terapi ini.

Mengingat tujuannya yang sangat spesifik, manuver Epley tidak disarankan untuk mengobati jenis vertigo selain BPPV. Karenanya, periksakan diri ke dokter terlebih dahulu terkait apa penyebab pasti dari vertigo Anda sebelum melakukan manuver ini.

Panduan melakukan manuver Epley untuk mengatasi gejala penyakit vertigo

Manuver Epley dinilai aman, efektif, dan efisien dalam menangani BPPV. Manuver Epley dapat dilakukan sendiri di rumah, namun akan lebih efektif jika sebelumnya Anda telah dipandu lebih dulu oleh dokter.

Berikut adalah panduan umum manuver Epley yang biasanya diajarkan oleh dokter:

Jika sumber vertigo datang dari sisi telinga kiri:

  • Duduk di pinggir ranjang dengan kaki lurus ke depan. Miringkan kepala hingga 45º ke kiri (jangan sampai menyentuh bahu). Tempatkan bantal empuk di bawah Anda sehingga saat Anda rebahan, bantal akan menyempil di antara bahu dan bukannya di bawah kepala Anda.
  • Dengan satu gerakan cepat, rebahan (dengan kepala di ranjang tapi masih dalam posisi miring 45º). Bantal seharusnya ada di bawah bahu. Posisi kepala Anda jadinya akan sedikit menggantung di tepi bantal. Tunggu 30-120 detik sampai gejala vertigo berhenti.
  • Tengokkan kepala Anda 90º ke kanan tanpa mengangkatnya. Tunggu 30-120 detik.
  • Ubah posisi kepala dan tubuh menjadi menyamping ke kanan, sehingga Anda memandangi lantai. Tunggu 30-120 detik sampai gejalanya mereda.
  • Jika vertigo datang dari telinga kanan, balikkan instruksi di atas.

Setelahnya, ubah posisi terakhir Anda dengan amat sangat perlahan ke posisi duduk atau posisi rebahan yang nyaman. Tapi tetap di tempat tidur selama beberapa menit. Ingat: gerakan cepat dan tiba-tiba dapat membuat gejala kembali kambuh.

Selama beristirahat guna memulihkan diri, sangga kepala Anda dengan 2 hingga 3 bantal sehingga posisi kepala dalam posisi 45 derajat. Jika gejala belum larut setelah satu set manuver ini dilakukan, Anda boleh mengulanginya dari awal.

The post Panduan Melakukan Manuver Epley untuk Mengatasi Gejala Vertigo appeared first on Hello Sehat.

Original Article