Panduan Menjalani Diet Atkins, Diet yang Membolehkan Anda Leluasa Makan Lemak

Godaan makanan berlemak bisa seketika menghancurkan usaha diet ketat yang selama ini Anda jaga mati-matian. Namun bagaimana jika Anda diberi kesempatan untuk sekali mendayung, dua-tiga pulau terlewati? Sambil berdiet menurunkan berat badan, Anda boleh saja tetap makan makanan berlemak favorit Anda. Lho, cara diet apa ini? Perkenalkan, diet Atkins. Diet Atkins adalah pola diet berprinsip mirip diet ketogenik, yang diprakarsai oleh seorang dokter bernama Robert C. Atkins. Seperti apa panduannya, dan apakah benar sehat?

Apa itu diet Atkins?

Diet Atkins adalah pola diet yang tinggi asupan lemak dan protein, namun rendah karbohidrat. Dilihat sekilas, pola makan yang tinggi lemak sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Makanan berlemak sudah lama diketahui dapat meningkatkan kolesterol dan risiko penyakit kronis lainnya. Tapi, sudah lebih dari 20 penelitian selama 12 tahun terakhir ini mengemukakan bahwa metode diet Atkins dinilai baik untuk menurunkan berat badan.

Lemak jenuh dan lemak trans memang berdampak buruk pada kesehatan. Namun, tidak semua jenis lemak itu buruk. Lemak tak jenuh HDL, alias lemak baik, tetap diperlukan oleh tubuh untuk membantu menjalankan fungsi normalnya. Lemak tak jenuh dalam tubuh berfungsi melindungi kesehatan jantung, mengontrol gula darah, dan membantu mengurangi berat badan.

Makanya, menu makanan diet Atkins adalah sumber makanan yang mengandung protein murni (rendah lemak), lemak sehat HDL, dan sayuran tinggi serat. Sementara itu, pola makan rendah karbohidrat dapat meningkatkan metabolisme sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak simpanan lemak.

Panduan menjalani diet Atkins

Diet Atkins dibagi menjadi empat fase, seperti berikut:

  1. Fase 1 (induksi): Fase induksi diet Atkins adalah periode ketika tubuh mengganti sumber energinya dari karbohidrat menjadi lemak. Proses ini disebut dengan ketosis, dan Anda akan menyadari penurunan berat badan yang cepat. Selama fase ini, Anda tidak boleh mengonsumsi karbohidrat lebih dari 20 gram dalam 2 minggu. Perbanyak makanan yang mengandung lemak sehat, protein tinggi, dan sayuran hijau rendah karbohidrat untuk mempercepat penurunan berat badan.
  2. Fase 2 (balancing): Perlahan tambahkan kacang-kacangan, sayuran rendah karbohidrat, dan sedikit buah-buahan pada diet Anda. Anda dapat mengonsumsi makanan tersebut kurang lebih 15-20 gram per sajian. Anda juga tetap harus menghindari makanan yang mengandung banyak gula.
  3. Fase 3 (fine-tuning): ketika Anda sudah hampir mencapai berat yang Anda inginkan, tambahkan sedikit karbohidrat ke dalam diet Anda kurang lebih 10 gram sampai berat Anda turun perlahan.
  4. Fase 4 (manitenance): di fase ini, Anda dapat mengonsumsi berbagai karbohidrat sehat karena tubuh Anda sudah mentolerirnya tanpa menaikkan berat badan Anda.

Beberapa orang khususnya vegetarian memilih untuk skip fase induksi dan memulainya dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah-buahan. Cara ini juga dapat dilakukan dan memiliki hasil yang memuaskan.

Namun sayangnya, keempat fase ini sedikit rumit dilakukan. Anda dapat mengurangi berat badan dan menjaganya selama Anda tetap berpegang teguh pada meal plan di bawah ini.

Makanan yang harus dihindari selama diet Atkins

  • Gula: soft drinks, jus buah, kue, permen, es krim, dan sebagainya
  • Biji-bijian utuh:gandum (wheat), spelt, rye, barley, nasi
  • Minyak sayur: minyak kedelai, minyak jagung, minyak canola, dan beberapa lainnya.
  • Minyak jenuh: biasa ditemukan pada processed foods dengan kata “hydrogenated” pada bagan komposisi
  • Makanan berlabel “Diet” dan “rendah lemak (low-fat)”: makanan-makanan ini tinggi kandungan gula.
  • Sayuran tinggi karbohidrat: wortel, turnips (hanya saat fase induksi)
  • Buah tinggi karbohidrat: pisang, apel, jeruk, pir, anggur (hanya saat fase induksi)
  • Pati: kentang, ubi (hanya saat fase induksi)
  • Legumen: lentil, kacang arab (hanya saat fase induksi)

Makanan yang boleh dikonsumsi saat diet Atkins

  • Daging: sapi, babi, domba, ayam, bacon, dan lain-lain.
  • Seafood: salmon, sarden, dan lain-lain.
  • Telur: telur yang paling sehat adalah yag mengandung omega-3
  • Sayuran rendah karbohidrat: kale, bayam, brokoli, aspaagus.
  • Full-fat dairy: mentega, keju, krim, full-fat yoghurt
  • Kacang-kacangan: almond, macadamia, walnut, biji bunga matahari
  • Lemak sehat: extra virgin olive oil, minyak kelapa, alpukat, dan minyak alpukat

Selama dasar makanan Anda adalah makanan yang mengadung protein berlemak dengan sayur atau kacang-kacangan dan beberapa lemak sehat, maka Anda dapat menurunkan berat badan Anda.

Selain berat badan yang turun, diet Atkins adalah metode diet yang dipercaya dapat mencegah Anda dari risiko sindroma metabolik, diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

The post Panduan Menjalani Diet Atkins, Diet yang Membolehkan Anda Leluasa Makan Lemak appeared first on Hello Sehat.

Original Article