Pengertian dan Penyebab Mimpi Terjatuh Saat Tidur atau Hypnic Jerk

SehatFresh.com – Pada saat tidur beberapa organ tidak berfungsi, untuk itu setiap hal yang dialami pada saat tidur seringkali tidak sadar. Seperti halnya mimpi yang merupakan pengalaman dari bunga tidur. Dibawah alam sadar seseorang yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan atau indra lainnya saat tidur. Apalagi pada saat tidur mengalami gerakan mata yang cepat atau yang disebut dengan rapid eye movement/REM.

Pada saat tidur anda pernah merasa seakan-akan diri anda terjatuh. Tahukah anda mengenai hal ini? sebelumnya anda pernah tidak mendengar istilah hypnic jerk? bagaimana hypnic jerk bisa terjadi dan apa penyebabnya?

Hypnic jerk merupakan kedutan otot yang tidak disadari, yang terjadi pada keadaan transisi antara bangun dan tidur. Biasanya orang yang mengalami hal ini orang tidurnya tidak pulas. Kedutan ini biasanya terjadi satu atau dua kali dalam satu malam. Gejalanya meliputi otot berkedut ketika tidur dan terasa seakan-akan terjatuh. Setelah mengetahui pengertiannya. Apa anda pernah mengalaminya?

Hypnic jerk sering terjadi pada orang yang merasa kelelahan dan merasa cape karena faktor aktivitas yang banyak dan membuat tubuh merasa kekurangan energi dan berpengaruh terhadp tingkat stress. Meskipun jarang terjadi, saat tubuh sedang merasa lelah otak akan memproses tahap-tahap tidur dengan cepat dan mengakibatkan tubuh menjadi bingung. Tubuh memberikan respon dengan menyentak anda terjaga dengan ledakan kimia dalam tubuh membuat otak menafsirkan mimpi yang dirancang untuk membangunkan anda dan anda merasa kaget.

Penyebab lain dari hypnic jerk yaitu disebabkan oleh kondisi stres yang berlebihan, merasa cemas, konsumsi alkohol dan kafein. Selain itu orang yang rajin berolahraga dimalam hari juga mengaku mengalami kondisi ini. Kalo kita terlalu lelah, saat tidur otak kita langsung memasuki tahap REM tanpa melewati tahap non-REM. Perubahan tiba-tiba ini bikin tubuh kita kaget jadi seakan akan kita tidak bisa gerak-bernapas (kalo di beberapa kepercayaan tertentu dianggap ditindih jin) atau tiba-tiba jatuh, bahkan sering juga seperti yang tenggelam.

Hypnic jerk ternyata dapat dicegah. Pencegahan apa yang bisa dilakukan untuk menghindari hypnic jerk ? menurut pendapat pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya kita menjaga asupan pola makan sehat dan memenuhi asupan magnesium. Magnesium diyakini baik dalam membuat tubuh lebih rileks sehingga kita bisa tidur tanpa adanya gangguan. Selain itu apabila anda rajin melakukan yoga dan meditasi yang bisa membuat tubuh kita lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur. (KMY)

Original Article