Pengobatan Tradisional Penyakit Gondongan

SehatFresh.com – Penyakit gondongan merupakan suatu penyakit yang bersifat menular dan dapat menimbulkan komplikasi yang dapat mengganggu kesehatan. Sehingga apabila anda mengalami hal tersebut sebaiknya anda harus segera melakukan penanganan untuk mengobati gejala dan keluhan yang anda rasakan.

Sebelum anda berkonsultasi kepada dokter tidak ada salahnya jika anda melakukan penanganan dengan melakukan pengobatan gondongan dengan menggunakan cara alami untuk membantu proses penyembuhan keluhan yang anda rasakan. Berikut ini beberapa cara alami untuk mengobati penyakit gondongan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Baking soda

Baking soda memiliki fungsi sebagai anti inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan pada kondisi gondongan. Selain itu sifat alkali yang dimiliki baking soda bermanfaat untuk mengatasi pertumbuhan virus gondok. Cara pemakaian bahan ini yaitu dengan membuat ramuan pasta baking soda dan mengoleskannya pada area yang bengkak , diamkan selama dua menit setelah itu bersihkan menggunakan air hangat.

  1. Blau

Blau merupakan salah satu bahan alami yang digunakan untuk mengobati penyakit gondongan. Jenis pengobatan ini merupakan suatu pengobatan yang paling banyak digunakan dan merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang terdahulu. Secara medis cara pengobatan ini tidak ada kaitannya antara kandungan blau dengan proses penyembuhan gondongan. Akan tetapi cara ini telah dipercaya oleh kalangan masyarakat.

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu alternatif untuk dijadikan sebagai ramuan tradisional untuk mengobati penyakit gondongan. Cara penggunaannya yaitu dengan mengupas kulit jahe kemudian cuci dan tumbuk setelah itu oleskan di area yang bengkak dan bilas dengan air.

  1. Kunyit

Pengobatan tradisonal gondongan menggunakan kunyit tidak jauh berbeda dengan mengunakan jahe yaitu dengan menumbuk kunyit dan lalu oleskan kebagian yang bengkak. Lakukan cara ini 2 x sehari pada waktu pagi dan sebelum tidur.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki efek yang bersifat antivirus, antibiotik dan anti inflamasi. Penggunaan lidah buaya berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dan menghambat pertumbuhan virus penyebab gondongan.

  1. Daun banyan

Daun banyan merupakan salah satu jenis bahan alami yang dikenal sebagai bahan efektif untuk mengobati penyakit gondongan. Daun banyan memiliki kandungan anti inflamasi yang berfungsi untuk mengurangi bengkak dan rasa sakit serta ketidaknyamanan selama anda mengalami gondongan. Selain itu kandungan yang terdapat di dalam daun ini berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan.

  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi

Protein telah dikenal sebagai asupan nutrisi yang baik untuk membantu proses pemulihan kondisi tubuh yang sedang sakit. Protein memiliki peran untuk menggantikan sel-sel tubuh yang rusak yang disebabkan oleh penyakit. Sehingga seseorang yang mengalami gondongan dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung protein untuk membantu proses pemulihan tubuh. Jenis makanan yang mengandung protein contohnya yaitu telur, ikan, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

  1. Kompres air hangat dan air dingin

Mengompres bagian yang bengkak menggunakan air hangat atau air dingin merupakan salah satu cara alami untuk membantu proses penyembuhan penyakit gondongan. Hal ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh penderita gondongan. (KMY)

Original Article