Penyebab Kepala Pusing dan Hampir Pingsan Setelah Olahraga

SehatFresh.com – Orang yang rajin melakukan olahraga setiap hari karena memiliki tujuan agar badan selalu sehat dan bugar. Namun, terkadang tujuan tersebut tak selamanya didapatkan oleh orang yang telah berolahraga. Ada beberapa orang yang mengeluh setelah melakukan olahraga. Keluhan tersebut seperti merasakan kepalanya pusing atau bahkan pusing tersebut semakin parah hingga menyebabkan pingsan.

Sebenarnya jika anda mengalami hal tersebut, masih di anggap wajar karena keadaan tersebut bisa saja terjadi pada tubuh anda setelah berolahraga. Hal tersebut ada penyebabnya. Penyebab dari kepala pusing dan hampir pingsan setelah berolahraga meliputi:

  1. Perubahan aktivitas yang mendadak

Perubahan mendadak yang dapat menyebabkan kepala anda pusing dan hampir pingsan setelah berolahraga contohnya adanya darah yang mengumpul pada bagian kaki karena berdiri akibat teriknya matahari, perubahan suhu atau anda tiba-tiba berhenti saat berolahraga. Meskipun terlihat biasa tetapikegiatan tersebut cukup mempengaruhi tubuh anda sehingga merasakan pusing dan mau pingsan.

  1. Penurunan kadar gula darah atau tekanan darah

Terjadi penurunan tekanan darah karena setelah olahraga terjadi penurunan darah balik ke jantung. Hal itu terjadi karena saat anda berolahraga terjadi pusingkatan ukuran ventikrel jantung atau berkurangnya aliran darah balik yang menuju jantung usai berdiri cukup lama. Jika itu terjadi, maka akan ada ruang kosong bersama darah yang akan ditambahi oleh oksigen dalam jantung. Akibatnya anda akan merasa pusing atau pusing. Dehidrasi dan rendahnya kadar gula darah juga mampu membuat anda pusing setelah berolahraga.

  1. Ketidakseimbangan PH tubuh

pH tubuh juga menyebabkan anda merasa pusing dan hampir pingsan setelah berolahraga. Jika pH tubuh tidak seimbang maka salah satu akibatnya anda akan merasa pusing atau pusing.

Agar hal tersebut tidak terjadi, anda perlu melakuakan beberapa pencegahan. Pencegahan bisa dimulai dengan mengurangi tingkat olahraga anda, seperti lakukan olahraga yang ringan dan lakukan pemanasan serta pendinginan saat olahraga. Anda boleh duduk atau beristirahat setelah berolahraga. Usahakan untuk tidak makan 3 jam sebelum olahraga karena tidak makanpun hati dan otot-otot anda masih memiliki energi untuk berolahraga, jika anda makan sebelum olahraga justru akan memicu pelepasan insulin yang akan memerintahkan sel-sel tubuh untuk menyerap gula dalam darah. Hindari dehidrasi dengan banyak minum air putih.

Itulah penyebab dari kepala pusing dan hampir pingsan setelah berolahraga. Semoga bermanfaat dan dapat mencegah terjadinya hal tersebut setelah anda berolahraga. (DKA)

Original Article

Add Comment